Cara Mudah Membersihkan Bulu Bebek

Selasa, 29 Januari 2019, 09:46 WIB

Membersihkan bulu bebek lebih rumit karena bulunya yang tebal. | Sumber Foto:istimewa

AGRONET -- Membersihkan bulu bebek memang rumit karena bulunya yang tebal. Seperti pada ayam dan unggas lain, yang sudah biasa dilakukan, bebek yang sudah dipotong diseduh dengan air mendidih baru kemudian dibersihkan/dicabuti semua bulunya. Cara itu lazim dan memanglah jitu, namun khusus untuk bebek, yang berbulu lebih tebal dan licin dibandingkan ayam, air mendidih itu sulit meresap hingga ke kulit bebek.

Ada tips agar panasnya air mendidih cepat meresap hingga ke kulit bebek sehingga bebek lebih mudah dibersihkan/ dicabuti semua bulunya,

Sebelum bebek diseduh dengan air mendidih, siapkan air sabun dalam keadaan dingin. Seperti layaknya jika kita hendak mencuci pakaian. Setelah air sabun siap, bebek terlebih dahulu dicelupkan ke dalam air sabun sambil diremas diurut  agar air sabun merata meresap hingga ke kulit bebek. Setelah semua bagian bebek basah merata oleh air sabun, barulah bebek dimasukkan ke dalam air mendidih.

Bulu bebek akan lebih mudah dicabut karena air sabun membuat panas lebih cepat meresap dan pekerjaan kitapun lebih efisien.

Mengatasi Bulu Halus

Setelah bebek dipotong dan bulu kasarnya selesai dicabut, sering tersisa bulu bulu halus pada karkas bebek yang mengganggu. Adanya bulu tersebut sedikit banyak akan mengurangi selera makan, terlebih bagi mereka yang sensitif, seenak apapun masakan bebek.

Mencabut bulu halus bebek yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan pinset. Tetapi cara ini membutuhkan kesabaran dan perlu waktu lama karena bulu halus bebek sangat banyak terutama di daerah ekor (brutu – bahasa jawa). Bayangkan jika tidak hanya satu bebek yang harus Anda siapkan, pengusaha kuliner bebek atau yang tengah menyiapkan pesta dengan menu bebek.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu halus pada bebek:

  • Gunakan lilin batik/ malam.

Pastikan karkas bebek dalam keadaan kering. Celup ke dalam lilin batik/ malam yang panas, langsung angkat dan celup ke air biasa. Kupas bersih sisa malam yang menempel di karkas, Daging Bebek sudah terlihat bersih dan siap olah.

  • Bakar bebek di atas api.

Bakar bebek di atas api sambil cabuti sisa bulu halus yang masih melekat di badan bebek. Cuci kembali bebek dengan air bersih dengan bantuan sabut kelapa. Dengan dibakar, aroma daging bebek jadi lebih harum dan enak. 

  • Garang di atas kompor.

Jika tidak tersedia alat bakar atau arang untuk membuat api, ada satu cara yang lain. Garang bebek di atas api kompor sampai bulu halusnya habis terbakar dan kulitnya sedikit kering. Setelah itu cabuti bulu yang masih tersisa dengan bantuan pinset.

Selamat mencoba. (234)

Agro Pilihan