Muncul Gejala Gumboro? Atasi dengan Herbal

Senin, 04 Pebruari 2019, 09:15 WIB

Apabila ada ayam yang terdapat gejala atau tanda-tanda penyakit Gumboro maka tindakan yang cepat harus dilakukan. | Sumber Foto:istimewa

AGRONET --  Penyakit Gumboro atau Penyakit Infectious Bursal Disease (IBD) merupakan penyakit pada ayam yang  mematikan. Pertama kali dilaporkan oleh Cosgrove pada tahun 1962 berdasarkan kasus yang terjadi pada tahun 1957 di desa Gumboro-Delaware, negara bagian Amerika Serikat. Sesuai dengan nama asal daerah ditemukannya, penyakit ini dikenal juga sebagai Gumboro.  Penyakit ini  dikenal sebagai  penyakit menular akut dan tidak ada obatnya.  Namun tidak perlu khawatir, ternyata penyakit ini dapat diatasi dengan ramuan obat herbal.

Apabila ada ayam yang terdapat gejala atau tanda-tanda penyakit Gumboro maka tindakan yang cepat harus dilakukan yaitu dengan membuat ramuan yang terdiri dari gula merah sebanyak 100 gram, kunyit sebanyak 100 gram, lempuyang sebanyak 100 gram. Campur semua bahan-bahan tersebut dan kemudian diblender dengan air, dan direbus  dalam 1 liter air hingga mendidih. Kemudian dinginkan dan saring semuanya, dan jadilah jamu herbal.

Jamu ini bisa dicampur dengan air bersih atau diencerkan hingga menjadi 10 liter. Berikan jamu herbal tersebut pada ayam yang terkena penyakit gumboro, dan jamu ini harus dihabiskan. Untuk besok, harus membuat ramuan yang baru lagi. Berikan jamu herbal ini selama 7 hari berturut-turut. 

Jangan kaget apabila setelah pemberian jamu ini ada kematian yang meningkat pada hari ke 3 sampai ke 5, namun setelah itu akan menurun.

Kematian akibat penyakit Gumboro bisa mencapai hingga 80%, tetapi kalau diberikan jamu herbal ini, kematian dapat ditekan  menjadihanya sekitar 10%.(  Sumber : Abdullah Udjianto - Litbangtan/234)

Agro Pilihan