Perlu Ketelitian Memilih Ikan Cupang

Kamis, 21 Februari 2019, 10:33 WIB

Ketelitian sangat diperlukan saat membeli Ikan Cupang. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET -- Jika Anda pecinta Ikan Cupang, perhatikan betul ciri-ciri Ikan Cupang yang baik dan berkulitas saat membeli ikan baru. Ketelitian Anda sangat diperlukan agar tidak salah pilih. Perhatikan ciri-ciri Ikan Cupang yang baik dan berkulitas. 

Hal pertama dalam memilih ikan cupang adalah dengan memerhatikan dengan baik kesehatan Ikan Cupang tersebut.

Ciri-ciri Ikan Cupang yang sehat antara lain bergerak dengan lincah, berwarna cerah, sirip dan ekornya selalu dikibar-kibarkan atau selalu mengembangkan ekornya ketika didekatkan dengan ikan cupang lainnya. Cupang yang sehat tidak memiliki noda jamur atau beludru pada badannya.

Pilihlah Ikan Cupang yang ekornya lebar dan seritnya tebal, jangan yang tipis, karena jika tipis mudah terkena penyakit, dan akibatnya seritnya akan menjadi keriting.

Pilihlah Ikan Cupang dengan bentuk ekor, kalau bisa 180 derajat (biasa disebut Half Moon), karena perkembangan ekornya akan memanjang, usahakan jangan memilih yang ekornya kurang lebar karena sewaktu Ikan Cupang itu berkembang manjadi besar, antara ekor dan siripnya ada celah, sehingga kurang bagus.

Pilihlah Ikan Cupang  yang bentuk ekor seritnya sama dan rapi.

Letak ekor dengan badan Ikan Cupang harus benar-benar seimbang, jangan agak menjorok ke atas.

Pilihlah Ikan Cupang yang badannya besar, jangan yang memanjang, karena pada saat  nanti Ikan Cupang itu berkembang menjadi besar, antara ekor dan siripnya akan ada celah.

Pangkal ekor Ikan Cupang harus tebal, jika tipis maka pada saat perkembangan, ikannya tidak menambah lebar dari ekornya.

Pilihlah Ikan Cupang yang senang bermain di dasar atau tengah air, karena jika Ikan Cupang sering bermain di atas kemungkinan ekor seritnya akan patah.

Jika Anda menyukai Ikan Cupang dengan warna kombinasi, usahakan memilih Ikan yang warna di ekor dan di siripnya sempurna alias rapi. Begitu pula bila memilih Ikan Cupang warna dasar, jangan ada warna lain dari Ikan tersebut kalau bisa dasinya tersebut juga harus sama dengan warna Ikannya. Biasanya Ikan Cupang dalam kategori warna dasar, dasinya berwarna merah.

Pilihlah Ikan Cupang yang  serit sirip atau ekornya tidak transparan.

Belilah ikan cupang pada peternak atau penjual ikan yang sudah terpercaya. Lebih disarankan untuk membeli langsung dari peternak karena selain harganya lebih murah, kita juga dapat melihat dan bertanya mengenai cara-cara dan tips memilih ikan cupang maupun cara perawatannya. Jika kita membeli langsung pada peternak, belilah pada peternak yang sudah profesional dan tidak diragukan kredibilitasnya. (234- dari berbagai sumber)