Tips Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar

Rabu, 24 April 2019, 11:15 WIB

Cara menyimpan sayur yang tepat akan menentukan kualitas bahan makanan. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET -  Cara menyimpan sayur yang tepat akan menentukan kualitas bahan makanan tersebut. Kualitas makanan yang buruk tentu akan berpengaruh pada nutrisinya. Jika ingin hidup lebih sehat maka awali dengan penyimpanan sayur secara tepat.

Berikut beberapa tips menyimpan sayur agar tahan lama dan tetap berkualitas:

  1. Jaga Tingkat Kelembaban

Sayur mengandung air, kandungan inilah yang harus selalu dijaga agar tahan lama dan tak cepat membusuk. Ketika sayur di panen, maka akan banyak air yang hilang akibat penguapan. Maka, jaga kandungan air tersebut dengan menyimpannya di dalam plastik yang dilubangi agar tetap bisa bernafas.

  1. Jangan Simpan di Suhu Ekstrem

Suhu yang terlalu tinggi atau rendah akan membuat buah dan sayur tak tahan lama sehingga cepat membusuk. Terlebih lagi, jika  Anda menyimpan sayur di freezer, maka ia akan langsung rusak saat dicairkan. Tanda kerusakan tersebut seperti bercak kecokelatan pada lobak dan lembek pada wortel. Sebaliknya, jika disimpan pada suhu sangat tinggi, maka bahan tersebut akan lunak, berkerut dan kisut.

  1. Pastikan Simpan dalam Keadaan Kering

Jika Anda ingin menyimpan sayur  di kulkas , maka pastikan dalam keadaan kering. Jangan cuci sayuran sebelum di masukkan kulkas. Sayuran yang basah akan tak tahan lama dan cepat rusak jika langsung disimpan di lemari es. Saran terbaik adalah dengan tidak mencuci sayuran sebelum masuk kulkas.

  1. Simpan dengan Kertas

Simpanlah sayuran dengan membungkusnya menggunakan kertas. Kertas mampu menyerap kelembaban yang berlebih sehingga sayurang tidak akan cepat membusuk. Jika ingin lebih kering, maka lapisi dengan tisu dapur di bagian bawah sayur, lalu bungkus  dengan kertas.

  1. Pastikan Kulkas Bersih

Kulkas yang bersih juga menjadi hal yang penting agar kualitas makanan tetap terjaga. Suhu pada kulkas juga mampu menentukan munculnya bakteri atau tidak. Idealnya, suhu didalam kulkas yaitu antara 1-4 derajat celcius. Jika lebih tinggi dari itu, maka bisa menimbulkan bakteri yang nantinya mempengaruhi rasa dan juga aroma makanan. Sementara itu, jika lebih rendah akan membuat sayuran beku.

  1. Ambil Sesuai Kebutuhan

Jika Anda menyimpan semua sayuran di kulkas, lalu ingin mengolahnya, maka cukup ambil seperlunya. Sebaiknya hindari sayuran yang keluar masuk kulkas agar tahan lama. Jika sayuran terlalu sering keluar masuk kulkas maka kualitasnya tak baik lagi dan mudah busuk karena sering terpapar suhu yang berbeda-beda.

  1. Jangan Memotong Sayuran yang Akan Disimpan. 

Sayuran memang bisa disimpan dalam keadaan bersih alias sudah dicuci terlebih dahulu. Namun, bukan berarti kita bisa menyimpan sayuran yang sudah dipotong-potong terlebih dahulu. Sayuran yang sudah dipotong-potong lebih mudah kering dan membusuk dibanding sayuran yang disimpan dalam keadaan utuh. Jadi, memang sebaiknya kita menyimpan sayuran yang masih utuh meskipun sudah dicuci sebelumnya.

  1. Simpan Sayur di Tempat Khusus

Kini banyak jenis tempat penyimpanan sayur, buah dan makanan lain yang mampu menjaga kesegarannya. Pastikan tempat penyimpanan tersebut kedap udara sehingga sayuran akan lebih tahan lama disimpan di lemari es.  Beberapa produk tempat menyimpan, memiliki penutup untuk berbagai wadah yang mampu menjaga kesegaran bahan makanan. (dari berbagai sumber /234)