Kiat Membeli Mesin Traktor Murah

Selasa, 28 Mei 2019, 09:04 WIB

Traktor tangan lebih populer di kalangan petani. | Sumber Foto:istimewa

AGRONET -- Kemajuan teknologi semakin memperkuat dunia pertanian melalui mesin modern, untuk memudahkan proses pengolahan lahan dan meningkatkan produksi tani. Alat yang paling sering dimanfaatkan petani adalah mesin traktor.

Traktor saat ini  lebih banyak menggantikan tenaga hewan seperti sapi atau kerbau untuk menggarap lahan yang mungkin saja luasnya hingga berhektar-hektar.  Di banyak daerah pertanian, pengusaha juga menyewakan traktor bagi para petani untuk mengerjakan lahan.

Asal usul kata traktor dari salah satu kata di bahasa latin yaitu “trahere” yang mempunyai arti “menarik”. Tetapi pendapat lain menyatakan  traktor adalah gabungan dari traction dan motor, maksudnya motor yang ditarik.

Cara kerja jenis mesin traktor tangan, mesin pengolah untuk tanah, dengan memakai tenaga penggerak motor bakar, biasanya bermotor diesel. Traktor dipakai untuk menarik peralatan pengolah tanah yaitu garu piring, bajak piring dan sebagainya. Ada juga jenis mesin traktor roda empat, yang dioperasikan langsung dari operator yang duduk pada tempat kendali .  Peralatan pengolahan tanah  dipasangkan atau disambungkan ke traktor melewati perangkat yang bernama three hitch point. Terdiri dua buah  garpu kanan dan kiri. Atau sistem penyambungan tiga titik, yaitu top link (Tuas penyambung di atas).

Penggunaan alat pertanian menggunakan mesin traktor untuk mempercepat proses pengolahan produksi pertanian. Alat yang  banyak diketahui dan dipakai  adalah traktor tangan atau traktor roda empat

Pilih Mesin Traktor Sesuai Kebutuhan

Untuk menggarap budidaya ragam hortikultura pada lahan berbukit pastinya memerlukan pembajak atau mesin traktor dengan spesifikasi yang berbeda dari mesin untuk lahan datar. Inilah misalnya yang kemudian harus dipertimbangkan sebelum membeli suatu traktor. Traktor tangan lebih populer di kalangan petani dengan lahan relatif kecil atau pada lahan berbukit. Hal ini karena;

  • Traktor tangan memiliki dimensi dan bobot yang ringan namun cukup kokoh
  • Mesin yang masih sesuai dengan jenis dan kondisi lahan dengan varian daya motor dari di bawah 5 HP hingga 12 HP
  • Mudah dalam hal pengoperasian serta perawatannya
  • Menggunakan bahan bakar yang mudah didapat dan relatif murah (bensin, solar ataupun minyak tanah)

Untuk mendapatkan mesin traktor berkualitas dengan harga yang sepadan tidak akan menjadi hal yang rumit. Beberapa pertimbangan sebelum memutuskan :

Traktor Bekas

Membeli mesin traktor bekas bukanlah pilihan yang buruk dengan alasan kondisi dan kualitas yang tak lagi prima. Nyatanya, banyak juga orang yang menjual traktornya karena ingin beli traktor baru. Model traktor lama biasanya memiliki harga yang cenderung turun sehingga bisa menghemat anggaran. Selama masih sesuai dengan kebutuhan dan masih prospektif untuk jangka waktu yang Anda butuhkan, perawatan yang baik akan membuat traktor bekas tersebut beroperasi dengan baik.

Traktor Manual

Pilihan traktor manual (traktor tangan) juga bisa dipertimbangkan. Hal ini karena traktor tangan memiliki harga yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan traktor mobil. Sebagai kompensasinya, Anda memang harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengoperasikan mesin traktor tersebut. Namun tentu saja traktor jenis ini lebih cocok untuk lahan kecil atau terasering karena memiliki dimensi yang ringkas dengan konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit pula. Untuk lahan yang luas dan datar, traktor mobil memang lebih menjanjikan.

Pertimbangkan model lama

Sama halnya dengan motor ataupun kendaraan yang lainnya, maka harga alat pertanian juga sangat dipengaruhi oleh seri, semakin lama seri tersebut maka akan membuat tawaran harganya menjadi kian murah. Anda dapat mempertimbangkan hal ini jika memang budget yang dimiliki terbatas.

Cek spesifikasi dan konsumsi bahan bakar

Jangan lupa untuk memeriksa spesifikasi dan konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan. Anda tentu tidak ingin memiliki mesin yang malah boros untuk operasional walau harga saat membelinya murah. Spesifikasi juga penting untuk disesuaikan dengan lahan yang akan dikerjakan agar mendapatkan hasil yang optimal.

Dengan pertimbangan di atas, dapat ditentukan mesin traktor macam apa yang paling sesuai dengan kebutuhan , memberikan keuntungan lebih optimal, apalagi jika lahan yang  dimiliki luas  (Dari berbagai sumber / 234)