Cara Mudah Mengeringkan Bunga Matahari

Kamis, 27 Juni 2019, 08:59 WIB

Karena tampilannya yang cantik, banyak orang yang tidak rela jika melihat bunganya layu. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET -- Heliantus annus atau bunga matahari adalah bunga yang populer sebagai tanaman hias dan  bunga potong . Memiliki keunikan pada kepala bunganya yang besar dan berdiameter lebar yang bisa mencapai 30 cm. Kemudian warnanya yang mencolok, pada umumnya berwarna kuning menyala, tentu saja menambah daya tariknya.

Para pengrajin memanfaatkan kecantikannya dengan menjadikannya sebagai dasar pembuatan kerajinan tangan yang bernilai jual. Selain dijadikan tanaman hias, bunga matahari juga ditanam untuk diambil bijinya guna pembudidayaan. 

Karena tampilannya yang cantik, banyak orang yang tidak rela jika melihat bunganya layu. Jika tidak ingin melihatnya layu dan ingin mendapatkan barang-barang cantik dari bahan bunga matahari, juga untuk memanfaatkan bijinya, maka harus dilakukan pengeringan bunga terlebih dahulu. 

Untuk mengeringkan bunga matahari guna diambil bijinya berikut langkah-langkahnya:

  • Untuk memanfaatkan bijinya, gunakan bunga matahari yang kepala bunganya sudah berbobot berat dan layu. 
  • Biarkan bunga matahari yang sudah tumbuh sempurna. Bunga yang tumbuh sempurna sudah memiliki biji yang sempurna. Idelanya anda harus menunggu hingga kelopaknya rontok dan kepala bunganya mulai menunduk. Hal ini menunjukkan bahwa biji bunga mataharinya sudah berbobot berat dan memasuki tahap siap dipanen.
  • Lindungi bunga yang akan dipanen bijinya dari gangguan burung dan tupai dengan membungkusnya menggunakan kain tipis atau kantong plastik dan mengikatnya dengan tali dapur. Namun pastikan bahwa bunga yang dibungkus adalah bunga yang sudah benar-benar berat dan layu.
  • Potong bunganya dengan arah miring.
  • Gantung dengan arah terbalik ditempat yang sejuk dan gelap. Gantung berminggu-minggu sampai bagian bunga belakangnya ikut berwarna coklat. Pada saat digantung, tetap tutupi dengan kain tipis atau plastik agar terhidar dari gangguan binatang-binatang kecil.
  • Setelah berminggu-minggu, bijinya sudah bisa diambil. cukup menggunakan sodok kayu kecil atau sikat yang kaku atau dengan jentikan jari maka biji-bijinya pun akan berjatuhan. Cara lainnya dengan menggosokkan kepala bunga matahari yang satu dengan yang lainnya.
  • Mengeluarkan biji bunga matahari yang sudah kering bisa dengan menggunakan jempol tangan.

Mudah bukan? Silakan langsung Anda praktekkan. (Dari berbagai sumber/ 234)