Panen Buah dan Sayur di Hortimart

Minggu, 10 September 2017, 00:17 WIB

Hortimart


AGRONET – Jika Anda sering melewati kota Semarang atau kebetulan saat liburan melintas di kota Semarang, cobalah mampir ke tempat agro wisata yang ada di daerah Bawen. Apalagi jika lengkap bersama keluarga.

Hortimart Agro Center, demikian nama tempat wisata ini. Lokasinya terletak di pinggir jalan Raya Semarang - Bawen No. 55 Bawen, sekitar 17 km dari kota Semarang. Jika Anda memilih lewat jalan tol Semarang – Bawen, setelah keluar dari pintu tol Bawen dan bertemu dengan jalan Raya Semarang – Bawen, Anda belok kanan. Sekitar 5 menit kemudian, di sebelah sisi kiri jalan terlihat jelas tulisan ”Hortimart”.

Namun jika Anda memilih jalan biasa, di luar tol, setelah menjumpai POM bensin Bawen, tidak sampai 5 menit dapat dijumpai lokasi Hortimart di sebelah kanan jalan. Tidak sulit menemukan Hortimart Agro Center.

Di halaman depan Hortimart terdapat Agro Supply. Di dalam toko ini dijual berbagai macam tanaman dan juga kelengkapannya. Untuk yang memiliki hobi bercocok tanam, tidak ada salahnya mampir. Tidak jauh dari Agro Suplly, ada Agro Mart. Mini market ini menjual berbagai macam buah-buahan dan sayuran segar serta aneka produk oleh-oleh.

Di halaman Hortimart juga terdapat restauran yang menyediakan berbagai makanan dan minuman khas Indonesia yang diolah dari sayuran dan buah-buahan. Selain rasanya enak, harganya pun sangat terjangkau. Jika Anda telah menyelesaikan kunjungan di Agro Supply, Agro Mart, dan mengisi perut di restauran, tiba giliran untuk masuk ke dalam Agro Center.

Di dalam Hortimart Agro Center yang dibangun pada tahun 1979, kita dapat jumpai aneka macam tanaman buah-buahan dan sayur-sayuran. Wisata agro ini dibangun oleh Budi Dharmawan atau lebih dikenal dengan nama Kwik Kian Djin. Ia adalah adik kandung dari Kwik Kian Gie, mantan Menko Ekonomi dan Kepala Bappenas.

Walaupun telah sukses sebagai seorang pengusaha, Budi Dharmawan selalu berusaha untuk menaikkan derajat para petani, khususnya petani buah lokal. ”Yang membuat miris adalah banyak sekali buah-buahan impor di Indonesia. Bahkan buah impor itu sudah merambah hingga kota-kota kecamatan. Apakah kita tidak bisa menghasilkan buah berkualitas? Bisa! Iklim mendukung, curah hujan mencukupi, tanah kita juga subur,” ujar Budi Dharmawan suatu waktu.

Untuk menjelajahi Hortimart seluas 27 ha, telah disediakan kendaraan berwarna orange. Di belakang kendaraan yang dibuat terbuka dipasang bangku untuk duduk pengunjung ketika mengitari kawasan kebun Hortimart.  Sebuah mobil dapat dimuati 12 penumpang dengan biaya Rp 100 ribu per mobil. Sepanjang perjalanan mengitari Hortimart, sopir mobil akan bertindak sebagai pemandu, memberi penjelasan mengenai jenis tanaman, sayuran, dan lainya.

”Kalau mau datang ke Hortimart dengan rombongan lebih baik sebelumnya telpon dulu. Supaya tahu buah apa yang sedang panen,” saran Widodo, Agro Tour di Hortimart. Memang, biasanya pada musim libur sekolah, cukup banyak pelajar yang datang mengunjungi Hortimart. Sambil berlibur, mereka juga dapat menambah pengetahuan soal tanaman. Para pelajar datang tidak hanya dari daerah Jawa Tengah saja. ”Kadang ada juga yang datang dari luar Jakarta,” ujar Widodo.

Untuk pengunjung yang datang dengan rombongan, dengan jumlah minimum 35 orang, Hortimart menyediakan beberapa “Paket Edukasi”. Ada paket keliling kebun dan minum jus buah. Ada juga paket menanam dan panen sayuran. Jika ingin diskusi soal sayuran dan buah-buahan, atau belajar okulasi tanaman, Hortimart juga dapat menyediakan fasilitasnya. Semua paket ini disediakan dengan harga yang sangat terjangkau.

Di dalam kebun Hortimart, tanaman buah dan sayur ditanam secara berkelompok. Ada area tanaman mangga, durian, melon, kelengkeng, jeruk, dan tanaman buah lainnya.

Untuk yang menggemari durian, di kebun Hortimart dapat dijumpai berbagai jenis varietas tanaman durian. Ada durian petruk, srikandi, montong, Baladewa dan masih banyak jenis lainnya. Perjalanan di dalam kebun akan semakin asyik karena kontur tanahnya yang berbukit membuat pemandangan semakin indah.

Di tengah kebun juga terdapat Green Resto. Dengan harga tidak lebih dari Rp 20 ribu, Anda dan keluarga dapat menikmati ”Paket Makan Edukasi” – lengkap makan nasi plus lauk dengan jus buah.

Untuk menyiram seluruh tanaman di dalam kebun, Hortimart menggunakan sistem danau buatan atau embung. Pada saat musim hujan, embung berfungsi sebagai penadah air hujan. Air dalam embung ini kemudian akan digunakan untuk menyirami seluruh tanaman dalam kebun pada saat musim kemarau tiba.

Jika telah selesai menjelajahi seluruh area Hortimart Agro Center dan sebelum meninggalkan Hortimart, bawalah bibit tanaman buah atau sayur untuk ditanam di halaman rumah. Supaya rumah lebih hijau dan sehat. (555)


 

 

Komunitas