Wisata Memetik Buah di Jepang

Sabtu, 24 Juni 2017, 00:24 WIB

Wisata memetik buah anggur

AGRONET -- Suatu saat jika kita berkesempatan berkunjung ke Jepang, jangan lewatkan jenis wisata yang satu ini. Memetik buah. Kegiatan Agrowisata ini sudah sangat popular di Jepang dan diadakan di beberapa kota. Kita dapat pergi sendiri ke daerah perkebunan dengan menggunakan bus atau kereta, atau kita dapat memilih berangkat bersama rombongan turis lain.

Biasanya jika kita pergi bersama rombongan, kegiatan agro wisata ini dikelola oleh tour organizer. Kita dapat melakukan pendaftaran lebih awal lewat online sesuai dengan keberadaan kita di negara ”Matahari Terbit” ini. Pilihlah jenis buah dan lokasi perkebunan yang paling dekat dengan kota yang akan kita kunjungi. Lokasi perkebunan ada di Pulau Awaji, Hobe, Hyogo, Kyoto, Nagoya, Nara, Osaka, Shiga, dan Wakayama.

Kegiatan memetik buah tidak hanya digemari oleh turis mancanegara. Turis lokal juga menyukainya. Kita dapat memilih lokasi perkebunan, jenis buah, waktu yang disediakan untuk memetik, harga tour agrowisata, dan aturan mainnya. Ada yang mengizinkan untuk dimakan di tempat namun ada pula yang hanya mengizinkan untuk dibawa pulang sebanyak kantung plastik yang kita terima dari pihak perkebunan.

Biaya yang harus kita keluarkan biasanya antara 800 Yen sampai 3000 Yen (Rp.96.000,00 sampai Rp 360.000,00), bergantung pada jenis buah yang akan kita petik. Ini adalah biaya masuk perkebunan sekaligus harga buah yang akan kita petik, Biasanya waktu yang disediakan antara 30 sampai 60 menit. Namun jika kita berangkat dari kota dan bersama-sama menggunakan bus menuju perkebunan, tarifnya lebih mahal. Dapat mencapai Rp 1 juta. Bergantung pada jarak dari lokasi berkumpul menuju perkebunan dan jenis transportasi yang digunakan.

Ada pula perkebunan yang memasang tarif bergantung pada jumlah buah yang kita petik, dimakan di tempat dan dibawa pulang. Jenis buah yang dapat kita petik sangat bergantung pada waktu dan daerah, pada saat kita berkunjung ke Jepang.

Jika kita ingin memetik buah cheri, jangan lupa bahwa buah ini hanya ada pada bulan Mei hingga Juli. Buah peach, pertengahan Juni hingga pertengahan September. Strawberi, pertengahan Desember sampai akhir Mei. Anggur, awal Juli hingga akhir Oktober. Apel, pertengahan September hingga pertengahan Desember. Buah pear, awal September hinggal akhir Oktober. Melon, awal Juni sampai pertengahan Agustus. Sedangkan bruberi, awal Juli hingga akhir Agustus. Namun perlu diingat, patokan waktu ini sangat bergantung pada perubahan iklim dan jumlah turis yang berkunjung. Bisa jadi sebelum akhir Oktober tiba, anggur telah habis dipetik.

Jadi, jangan lupa. Jika berkunjung ke Jepang, sempatkan untuk ikut agrowisata memetik buah. (555)

Komunitas