Belajar Memerah Susu Sapi di Milkindo

Minggu, 04 Pebruari 2018, 21:42 WIB

Belajar memerah susu di agrowisata Milkindo

AGRONET – Tidak disangsikan lagi, susu adalah salah satu kesukaan anak-anak. Selain rasanya yang enak, susu juga mengandung minimal 3,25 persen lemak susu dan 8,25 persen padatan susu bukan lemak yakni protein, karbohidrat, vitamin larut air, mineral, kasein, seng, kalsium, omega-3, dan fosfor. Semua ini dibutuhkan untuk keperluan tumbuh kembang anak.

Jika anak-anak membutuhkan susu, cukup mudah mendapatkannya. Apalagi jika tinggal di kota besar. Tinggal pergi ke supermarket. Di sana terdapat banyak pilihan jenis susu seperti susu full creamed, semi-skimmed, skim, kental manis, dan UHT (Ultra High Temperature). Ada yang cair dan ada pula yang dalam bentuk bubuk.

Namun walaupun susu telah menjadi konsumsi setiap hari anak-anak, sebagian besar dari mereka belum pernah melihat langsung -apalagi melakukan- bagaimana memerah susu sapi. Nah, jika suatu saat Anda kebetulan berlibur ke kota Malang, jangan hanya menikmati enaknya bakwan Malang atau berlibur ke Batu. Ajaklah anak-anak ke Agrowisata Milkindo. Di tempat ini anak-anak dapat belajar memerah susu langsung dari sapi.

Agrowisata Milkindo terletak di jalan Kol. Kusno No. 77, Tegalsari, Kepanjen, Malang, Jawa Timur. Peternakan sapi miliki CV Milkindo Berka Abadi ini dapat ditempuh sekitar satu jam dari kota Malang atau sekitar 10 menit dari kota Kepanjen.

Agrowisata Milkindo berawal pada tahun 1984 sebagai peternakan sapi tradisional. Namun dalam beberapa tahun terakhir, peternakan ini dikembangkan menjadi agrowisata sapi perah. Sebagai sebuah peternakan, Milkindo menghasilkan susu segar dan beberapa produk olahan susu seperti yoghurt. Selain itu, Milkindo juga mengolah kotoran sapi menjadi pupuk yang kemudian dijual langsung ke konsumen atau ke pasar Splendid di kota Malang.

Untuk masuk ke Agrowisata Milkindo, terdapat beberapa pilihan. Anda dapat masuk secara sendiri tanpa didampingi pemandu dan cukup membayar karcis masuk seharga Rp 10.000. Selain dapat menikmati fasilitas yang ada di dalam area Agrowisata Milkindo, Anda juga akan mendapat satu botol susu.

Jika Anda datang bersama keluarga atau teman-teman dengan jumlah minimal 10 orang, lebih baik pilihlah paket group. Tapi jika Anda datang pada musim libur sekolah, disarankan untuk reservasi beberapa hari sebelumnya.

Untuk paket rombongan harga karcis masuk seharga Rp 20.000 per anak Namun, jika kelompok sekolah didampingi oleh guru, maka guru hanya dikenakan biaya Rp 10.000. Pemandu yang mendampingi kelompok akan menjelaskan seluk beluk peternakan sapi, mulai dari pakan sapi, memerah susu, pengolahan susu, hingga pembuatan pupuk organik dari kotoran sapi. Setiap anggota kelompok termasuk guru juga akan mendapat satu botol susu.

Selain belajar memerah susu sapi, setiap pengunjung Agrowisata Milkindo dapat menikmati beragam fasilitas yang ada, seperti bermain di play ground yang ada ayunan, lapangan bola mini, dan jungkat-jungkit. Atau, sekadar foto-foto dengan latar belakang taman.

Jika ingin menikmati fasiltas tambahan, cukup membayar biaya tambahan Rp 5.000. Pengunjung dapat memancing ikan lele, bermain dan memberi makan kelinci, dan mendapat satu bungkus pupuk organik. Ikan lele hasil pancingan juga boleh dibawa pulang.

Di Taman Kelinci, anak-anak dapat bermain bersama kelinci yang dilepas bebas. Taman Kelinci ini diberi pagar. Jadi, jangan khawatir kelinci akan lari keluar area yang dibuat mirip dengan habitat alami kelinci.

Ramainya pengunjung membuat Agrowisata Milkindo akan membangun beberapa fasilitas baru. Di area agrowisata ini akan ada Taman Merpati, Taman Iguana, dan beberapa fasilitas baru lainnya. Tentunya akan membuat Agrowisata Milkindo semakin menarik untuk dikunjungi. Ke sana yuk .... (555)

 

 

 

 

BERITA TERKAIT

Agronesia Utama
Komunitas