Bermain dan Belajar di Agrowisata Bhumi Merapi

Minggu, 08 April 2018, 21:09 WIB

Di Agrowisata Bhumi Merapi kita dapat memberi minum susu dot pada kambing etawa | Sumber Foto:instagram Bhumi Merapi

AGRONET – Yogyakarta. Kota dengan julukan ”Kota Gudeg” ini populer sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia. Kota ini memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi, seperti Keraton, Pantai Parangtritis, Candi Prambanan, Kebun Binatang Gembira Loka, Museum Affandi, Gudeg Wijilan, kerajinan keramik Kasongan, kerajinan perak kota Gede, dan masih banyak lagi tempat yang layak disinggahi. Yogyakarta memang kaya dengan tempat wisata budaya, seni, kerajinan, dan kuliner.

Tapi, apakah Anda pernah berkunjung ke Kaliurang ? Jika belum pernah, Anda harus menyempatkan pergi ke sana. Kaliurang mirip dengan daerah wisata Puncak di Jawa Barat. Kaliurang terletak 25 km sebelah utara Yogyakarta. Jika dari Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi, kurang dari satu jam perjalanan Anda telah sampai di Kaliurang.

Daerah ini terletak di kaki gunung Merapi, 900 meter di atas permukaan laut. Sudah pasti udaranya sejuk. Suhu rata-rata sekitar 20 sampai 25 derajat Celcius. Di Kaliurang terdapat banyak vila atau resor yang disewakan. Memang mirip dengan Puncak.

Jika Anda pergi ke Kaliurang bersama anak-anak, sempatkanlah mampir ke Agrowisata Bhumi Merapi. Lokasinya di km 20, Sawungan, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta. Masih di kawasan wisata Kaliurang.

Sebagai patokan, jika berangkat dari Yogyakarta, setelah km 19 pada sisi kiri terdapat baliho besar bertuliskan Bhumi Merapi. Jalan masuk menuju menuju Agrowisata Bhumi Merapi terdapat di sebelah kanan, di sebelah Balai Desa Hargobinangun. Letak Agrowisata Bhumi Merapi hanya sekitar 50 meter dari jalan Kaliurang.

Agrowisata Bhumi Merapi yang dibangun pada akhir 2015 memiliki luas 5,2 hektar. Di dalam area wisata ini terdapat lahan pertanian, perkebunan, dan peternakan. Pemandangan di Agrowisata Bhumi Merapi sangat indah. Tempat wisata inii langsung berbatasan dengan Kali Kuning. Jika cuaca sedang bersahabat, Anda dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi.

Jika Anda ingin datang ke Agrowisata Bhumi Merapi, lebih baik berangkat dari Yogyakarta pagi hari, terutama pada musim libur sekolah. Selain karena jalan menuju ke Kaliurang belum terlalu macet, Anda beserta keluarga juga lebih nyaman bermain di tempat wisata ini karena pengunjungnya belum terlalu ramai.

Agrowisata Bhumi Merapi mulai dibuka pukul 08.30 hingga 17.00. Tiket masuk ke tempat wisata ini cukup murah, hanya Rp. 10.000. Di dalamnya terdapat cukup banyak fasilitas bermain bagi anak dan keluarga. Sambil bermain, anak-anak juga sekaligus dapat belajar soal peternakan dan pertanian.

Di dalam area agrowisata ini terdapat area budidaya hewan seperti kelinci, kambing etawa, mamalia, ikan, musang, dan reptil. Selain itu terdapat juga area hidroponik, area naik kuda, area camping dan outbound. Khusus untuk anak-anak, disediakan area taman bermain. Jika Anda berlibur bersama rombongan atau keluarga besar, lebih baik minta dtemani oleh pemandu agar mendapat informasi yang lebih lengkap dan jelas.

Ternyata, di dalam kawasan Agrowisata Bhumi Merapi terdapat sebuah situs sejarah, yaitu Goa Ponggolo. Menurut cerita pemandu wisata di sana, goa ini berusia sekitar 200 tahun. Konon goa ini dibuat oleh Kyai dan Nyai Ponggolo pada saat perang Diponegoro sebagai tempat berlindung dari serangan Belanda. Panjang goa ini sekitar 350 meter dan lebarnya sekitar 1 hingga 2,5 meter. Di dalamnya terdapat aliran air yang lumayan deras.

Agrowisata Bhumi Merapi tidak hanya sebagai tempat bermain. Sambil berlibur, kita juga dapat belajar berkebun dan beternak. Jika tertarik dengan sayuran, kita dapat membeli hasil tanaman hidroponik. Anak-anak dapat juga bermain sekaligus memberi makan kelinci, memberi minum susu untuk kambing etawa dengan dot, atau memerah susu kambing.

Tidak hanya itu. Kita juga dapat belajar bagaimana cara memelihara kambing dan mengolah susu kambing menjadi yoghurt atau ice cream. Pengolahan pakan ternak, pengolahan kotoran kambing menjadi pupuk organik dan biogas juga dapat dipelajari di agrowisata ini.

Bagi yang tertarik dengan kelinci, di sini juga dapat dipelajari budidaya kelinci. Baik kelinci hias atau kelinci pedaging. Selain jasa pelatihan, Agrowisata Bhumi Merapi sekaligus menyediakan jasa pendampingan usaha. Sedangkan di area reptil, dapat dijumpai ular, kura-kura, dan hewan reptil lainnya.

Jika telah bosan berjalan di area perkebunan dan peternakan, kita dapat menyewa mobil Jeep untuk mengelilingi area agrowisata dan Kali Kuning, sambil berolahraga offroad. Bila ingin lebih lama menikmati suasana kawasan gunung Merapi, Agrowisata Bhumi Merapi menyediakan area camping. Cukup dengan biaya Rp 650 ribu, kita dapat menyewa perlengkapan tenda beserta fasilitas lainnya.

Jadi, jika Anda berlibur ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke Agrowisata Bhumi Merapi. Berlibur sambil belajar dan sekaligus menikmati keindahan alam kawasan Gunung Merapi. (555)

 

 

BERITA TERKAIT