Jalan-Jalan ke Kuntum Farm Field

Minggu, 29 April 2018, 18:01 WIB

Anak-anak menanam padi di Kuntum farm Field

AGRONET – Tempat ini sangat cocok untuk tujuan wisata penduduk Jakarta yang setiap harinya selalu berkutat dengan kemacetan dan sibuk dengan pekerjaan. Lokasinya di jalan Raya Tajur, Bogor. Ditempuh dari Jakarta lewat tol Jagorawi, jika tidak macet, kurang lebih satu jam.

Jika keluar lewat pintu tol Bogor, beloklah ke kiri menuju Tajur. Sebaliknya, jika keluar lewat pintu tol Ciawi, maka belok ke kanan. Cari tanda jalan masuk ke agrowisata ”Kuntum Farmfield”. Tanda ini dipasang di pinggir jalan. Posisi agrowisata ”Kuntum Farmfield” ada di sebelah kanan jalan menuju Bogor.

Jika Anda berlibur ke agrowisata ini, ajaklah anak-anak. Karena, di dalam area ”Kuntum Farmfield” yang memiliki motto ”back to nature, no chemical & friendly environment” ada beragam kegiatan peternakan, perikanan, perkebunan, dan pertanian berbasis organik. Selain dapat menambah pengetahuan, anak-anak dapat langsung berinteraksi dengan hewan ternak dan tanaman.

Untuk orang tua, tersedia pula pelatihan untuk pembudidayaan tanaman obat, tanaman buah, tanaman kehutanan, tanaman perkebunan, cara pemanfaatan dan pembuatan pupuk kompos, hingga pelatihan untuk agribisnis. Berbagai jenis tanaman hias yang ada di sana juga dapat dibeli. Tiket masuk agrowisata Kuntum Farmfield Rp 40.000 per orang. Harga ini sepadan dengan apa yang akan kita peroleh.

Di dalam area Kuntum Farmfield juga tersedia beberapa pendopo yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti kegiatan kantor, kumpul keluarga, dan kegiatan sekolah. Jika membutuhkan makanan dan minuman, tersedia juga kedai dan restauran.

Sebagai agrowisata, Kuntum Farmfield menyediakan berbagai hewan ternak seperti kambing, kelinci, ayam, bebek, sapi, dan ikan. Anak-anak dapat langsung berinteraksi dengan hewan-hewan ternak ini seperti memberi pakan atau susu untuk sapi dan kambing. Susu dalam botol kecil untuk minum ternak dapat dibeli dengan harga Rp 5.000. Sedangkan yang dalam botol besar Rp 10.000. Selain sapi dan kambing, kita juga dapat memberi rumput, sayuran, dan biji-bijian untuk pakan kelinci dan marmut.

Tidak hanya hewan ternak. Di dalam Kuntum Farmfield juga tersedia kebun organik. Di sana terdapat tanaman bayam, singkong, jagung, dan jenis tanaman sayuran lainnya. Jika tertarik, kita juga dapat membeli sayuran yang ada di sana. Bahkan, jika kita ingin menanam sendiri di rumah, bibit tanaman juga dapat dibeli.

Jika telah lelah berjalan berkeliling, tidak ada salahnya kalau anak-anak mencoba menunggang kuda berkeliling area Kuntum Farmfield dengan dibimbing pengasuh kuda. Jadi anak-anak akan aman selama berkuda.
Untuk anak-anak yang senang dengan ikan, Kuntum Farmfield juga menyediakan kolam ikan. Jangan khawatir, airnya dangkal. Anak-anak dapat ikut permainan tangkap ikan. Dijamin pasti seru.

Tapi, dari semua yang ada di dalam area Kuntum Farmfield, yang paling menarik adalah menanam padi di sawah. Anak-anak dengan menggunakan caping (topi petani dari anyaman bambu) turun ke sawah berkubang dengan lumpur, menanam padi.

Umumnya anak-anak hanya mengenal nasi, bukan padi atau beras. Kini mereka dapat langsung merasakan menanam padi, cikal bakal nasi. Jika beruntung, kalau tanaman sayuran telah siap dipetik, anak-anak juga dapat ikut memanen tanaman sayuran.

Wisata ke Kuntum Farmfield tidak hanya seru. Tapi juga bermanfaat. Memberi edukasi, khususnya untuk putra-putri kita. (555)