Petik Buah di Agrowisata Kusuma

Minggu, 20 Mei 2018, 21:18 WIB

Agrowisata Kusuma | Sumber Foto:Instagram Agrowisata Kusuma

AGRONET – Libur Idul Fitri tidak lama lagi. Jika kebetulan berlibur ke daerah Jawa Timur, khususnya ke kota Malang, cobalah bersama keluarga singgah di agrowisata Kusuma. Tempat wisata ini ada di kota Batu yang berjarak sekitar 16 km dari Malang.

Kota Batu sendiri sudah dikenal sebagai tujuan wisata. Apalagi di sana terdapat berbagai jenis wisata seperti wisata alam, wisata keluarga, wisata kuliner, dan wisata sejarah. Perjalanan menuju kota Batu –walaupun dekat dari Malang- di hari libur panjang dapat ditempuh lebih dari 1 jam. Perjalanan ke kota Batu dapat dipastikan sangat ramai.

Agrowisata Kusuma menjadi salah satu pilihan di antara beberapa tempat wisata yang ada di kota Batu. Di sana ada Museum Angkut, Eco Green Park, Batu Secret Zoo, Jawa Timur Park 1 dan 2, dan Batu Night Spectacular (BNS). Agowisata Kusuma berdiri sejak tahun 1991 dan merupakan perintis agrowisata di Indonesia.

Awalnya, agrowisata Kusuma yang ada di atas lahan seluas 90 hektar ditanami pohon apel. Saat itu, apel Malang memang mulai dikenal di Indonesia. Rasanya unik, beda dengan apel impor.

Berkat kegigihan Edy Antoro, pemilik agrowisata Kusuma, akhirnya saat ini telah ada berbagai wisata petik buah seperti petik buah apel, jambu, jeruk, buah naga, strawberry, dan sayuran hidroponik. Ada lebih dari sepuluh macam buah yang dapat dipetik oleh pengunjung.

Posisi agrowisata Kusuma yang berada ± 1.000 meter di atas permukaan laut membuat udara di sana sejuk. Kota Batu memang terkenal udaranya sejuk. Jika Anda memilih wisata petik buah, pemandu wisata akan menemani dan sekaligus menjelaskan tentang budidaya tanaman buah tersebut.

Agrowisata Kusuma buka pukul 08.00 sampai pukul 17.00 di hari biasa. Pada akhir pekan atau hari libur buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 sore. Disarankan Anda datang lebih awal. Pengunjung belum terlalu ramai dan lebih mudah mendapatkan tempat parkir mobil.

Jika telah sampai di tujuan, pilihlah paket wisata yang tersedia seperti paket apel, paket strawberry, paket agro edukasi, dan paket study tour. Perlu diingat untuk paket agro edukasi dan paket study tour adalah minimal 30 orang. Jika Anda datang bersama keluarga, lebih baik pilihlah paket petik buah, seperti paket apel atau strawberry. Harga tiketnya Rp. 85.000 per orang.

Paket ini mengizinkan kita untuk masuk ke kebun strawberry, jambu biji, dan apel. Selain berkeliling kebun dan memetik buah, Anda juga akan mendapat bonus 1 porsi pancake strawberry ice cream dan 1 botol yoghurt, produksi agrowisata Kusuma.

Buah yang boleh dipetik langsung oleh pengunjung memang dibatasi. Tapi, jika ingin membawa pulang, Anda dapat membeli di supermarket yang ada di dalam area agrowisata Kusuma. Tidak hanya buah-buahan, tapi juga sayuran seperti tomat, selada, sawi, dan pok choy. Semuanya ditanam secara organik, termasuk pohon buah yang menggunakan pupuk organik. Tidak lupa agrowisata Kusuma juga menyediakan restauran, untuk pengunjung yang ingin merasakan masakan khas agrowisata Kusuma.

Masih ada lagi permainan lain. Namanya Kusuma Waterpark. Di sini anak-anak dapat bermain di kolam air yang memang khusus dibuat untuk anak-anak. Dalam kolam sekitar 1 meter dan 1,5 meter. Di dalam area Kusuma Waterpark terdapat pula permainan meluncur.

Agrowisata Kusuma juga menyediakan wisata outbound. Anda dapat bermain perang-perangan (war game) di arena airsoft gun. Atau, mengendarai ATV (All Terrain Vehicle) di jalur mini off road. Tersedia pula permainan flying fox, meluncur dari menara. Dijamin seru.

Jika telah puas bermain di agrowisata Kusuma dan kebetulan Anda masih mempunyai waktu luang, sempatkanlah bermalam di kota Batu. Agrowisata Kusuma juga memiliki hotel dan vila. Fasilitas menginap ini memang sengaja disediakan oleh agrowisata Kusuma agar Anda dapat puas berlibur di agrowisata Kusuma dan kota Batu tanpa harus buru-buru pulang. (555)

 

 

 

BERITA TERKAIT