Indahnya Hamparan Bunga di Taman Begonia Lembang

Senin, 16 Juli 2018, 22:27 WIB

Berbagai jenis bunga tumbuh di Taman Begonia Lembang | Sumber Foto:instagram Taman Begonia

AGRONET – Kota Lembang sudah dikenal sebagai daerah tujuan wisata. Khususnya bagi warga Bandung dan Jakarta. Lembang tidak hanya dikenal dengan wisata alamnya, seperti Gunung Tangkuban Perahu, Ciater, dan Maribaya, namun juga wisata lain. Salah satu tujuan wisata di Lembang yang juga banyak dikunjungi orang adalah Taman Begonia.

Kota Lembang yang terletak 1.200 mdpl (meter di atas permukaan laut) sudah barang tentu memiliki udara yang sejuk. Jika ditempuh dari kota Bandung, jaraknya sekitar 18 km. Namun, waktu tempuh yang dibutuhkan sangat bergantung pada kondisi lalu lintas.

Taman Begonia terletak di jalan Maribaya. Untuk dapat sampai di lokasi ini, dapat melewati jalan Setiabudi dan kemudian menuju ke jalan Maribaya. Dapat pula melewati jalur Dago – Lawang Wangi. Namun, jika menggunakan angkutan umum, setibanya di pasar Lembang, perjalanan harus dilanjutkan dengan angkutan umum lain jurusan Lembang – Cibodas. Dapat juga menggunakan delman agar perjalanan lebih asyik.

Taman Begonia Lembang sebenarnya telah dikenal oleh wisatawan lokal, bahkan oleh wisatawan mancanegara pula. Taman ini didirikan dengan tujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat mengenai keanekaragaman tanaman bunga di Indonesia, sekaligus budidaya tanaman bunga. Sehingga tidak heran jika Taman Begonia sangat banyak ditanami oleh berbagai jenis tanaman bunga, seperti bunga Cosmos, Vinca, Petunia, Glexonia, Salvia, Celosia, Melampodium, Geranium, dan masih banyak lagi jenis bunga lain yang semuanya indah dipandang.

Nama taman bunga ini diambil dari salah satu nama bunga, Balinea atau bunga Begonia Bali. Bunga yang memiliki warna sangat indah ini – merah dan merah muda- sangat banyak tumbuh di Taman Begonia. Tidak heran jika bunga ini sangat menarik perhatian pengunjung.

Bunga Begonia adalah tanaman tropis dengan sifat adaptasi yang baik, sehingga dapat tumbuh di dataran rendah dan juga di dataran tinggi. Tanaman bunga ini juga dapat tumbuh jika ditanam di dalam pot atau langsung di tanah. Perawatannya pun sangat mudah, karena bunga Begonia dapat tumbuh sepanjang musim, baik musim hujan maupun musim kemarau.

Di dalam Taman Begonia tidak hanya dijumpai aneka ragam tanaman bunga. Berbagai jenis tanaman buah dan sayuran seperti tomat, jagung, terong, dan cabai dapat pula kita jumpai dan petik. Tidak lupa Taman Begonia menyediakan juga berbagai jenis permainan seperti jungkat-jungkit dan ayunan, agar pengunjung anak-anak dapat lebih menikmati kunjungan di Taman Begonia.

Agar tidak bosan, pengunjung juga dapat memilih permainan outbound yang telah disediakan dengan konsep ”Fun Treasure Hunt”. Permainan outbound yang disediakan antara lain; Farm Trekking, Puzzle Treasure, Pinnata, dan Secret Passage. Jika telah merasa lapar atau haus, di dalam area Taman Begonia juga terdapat cafe yang menyediakan makanan dan minuman

Untuk mereka yang mempunyai hobi photography, pemadangan di dalam Taman Begonia sangat cocok dijadikan sebagai pemandangan. Sangat ”Instagramable”, begitu istilah kekinian. Apalagi beberapa patung hewan seperti harimau, gajah, badak, juga terdapat di berbagai pelosok taman.

Semua keindahan Taman Begonia dapat kita nikmati mulai saat buka pukul 08.00 hingga tutup pada pukul 17.00, dengan membayar tiket masuk hanya Rp 10 ribu saja. Tapi jika kita ingin membawa bunga pulang ke rumah, cukup dengan membayar Rp 20 ribu. Jadi, tunggu apalagi ? Segera kunjungi Taman Begonia dan bergaya untuk foto yang indah. (555)

 

BERITA TERKAIT