Jendela Alam, One Stop Agrowisata di Lembang

Senin, 17 September 2018, 08:37 WIB

Di Agrowisata Jendela Alam, anak-anak dapat bermain dan belajar mengenal lebih dekat hewan-hewan ternak. | Sumber Foto:Instagram Jendela Alam

AGRONET – Di Indonesia saat ini telah banyak dibangun agrowisata yang selain memiliki tujuan untuk pendidikan namun juga sekaligus sebagai tempat untuk berlibur. Namun tidak banyak agrowisata yang menyediakan fasilitas lengkap. Beberapa di antaranya bahkan bertema khusus seperti memetik buah-buahan, belajar ulat sutera, mengenal tanaman obat, dan lainnya.

Jendela Alam adalah salah satu agrowisata dengan fasilitas lengkap. Lokasinya tidak jauh dari Bandung, tepatnya di Komplek Graha Puspa, jalan Sersan Bajuri Km 4.5 Ledeng, Lembang, Bandung. Dekat dengan Kampung Gajah dan Terminal Ledeng.

Di Agrowisata ini terdapat berbagai sarana edukasi untuk mempelajari pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan. Tidak hanya itu. Pengunjung -dewasa dan anak-anak- juga dapat menikmati permainan yang ada di sana. Udara yang sejuk dan pemandangan yang indah akan membuat pengunjung betah berlama-lama di Jendela Alam.

Untuk para pengunjung, Jendela Alam telah menyediakan beberapa program pendidikan. Pilihannya beragam. Program untuk kegiatan sekolah dari Taman Bermain sampai Sekolah Menengah Atas, perusahaan, dan keluarga.

Jika telah sampai di lokasi, ada baiknya sebelum kaki melangkah masuk lebih jauh, pelajari dulu fasilitas apa saja yang tersedia di Jendela Alam. Fasilitas yang ada di agrowisata ini dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu :

1. Jendela Edukasi
- Tour Sahabat Alam. Pengunjung akan diajak berkeliling area Jendela Alam dengan dipandu fasilitator.  Sambil belajar mengenal hewan ternak dan tanaman, pengunjung sekaligus dapat menikmati suasana kawasan agrowisata yang sejuk.
- Berkebun Konvensional. Pengunjung akan diberi pelajaran sekaligus praktek cara bercocok tanam secara konvensional. Pelajaran meliputi pengenalan alat-alat pertanian, bibit tanaman, pemupukan, hingga perawatan tanaman.  
- Bercocok Tanam. Peserta akan diajari bagaimana media aram sekam bakar sekaligus cara merawatnya.
- Panen Sayuran. Pada program ini, pengunjung akan diberi pelajaran soal menanam bibit tanaman secara modern selain menggunakan media tanah. Pengunjung juga akan diajak untuk memanen sayuran hidroponik dalam greenhouse.
- Membuat Yoghurt. Pengunjung akan diberi pelajarn proses pembuatan yoghurt, mulai dari cara pembibitan hingga membuat bibit sendiri. Selain itu juga diajarkab memberi rasa yoghurt dengan buah asli.
- Memberi Makan Hewan. Salah satu program dalam Jendela Edukasi yang pasti disukai anak-anak adalah memberi makan hewan. Anak-anak dapat langsung memberi makan hewan ternak seperti kelinci, sapi, kambing, rusa, dan kuda poni.
- Panen Telur. Pengunjung dapat langsung mengambil telur dari kandang ayam. Jika selama ini anak-anak, khususnya yang tinggal di kota besar belum pernah melihat ayam bertelur, inilah saatnya menyaksikan langsung.
- Membuat Cincau. Minuman tradisional yang telah lama dikenal, ada baiknya juga dikenalkan pada anak-anak. Cara pembuatan minuman cincau yang dipercaya sebagai obat panas dalam ini, akan sangat menarik bagi anak-anak dan dapat langsung dipraktekkan setibanya di rumah.
- Berburu Harta Karun. Permainan ini berguna untuk melatih kemampuan anak-anak membaca peta sekaligus memecahkan persoalan yang diberikan dan juga melatih kerja sama tim.

2. Jendela Permainan
- Tangkap Ikan. Bermain air adalah kesenangan anak-anak. Pada permainan ini peserta akan diminta untuk menangkap ikan yang terdapat pada sungai buatan. Jangan lupa membawa pakaian ganti karena dipastikan baju dan celana akan basah.
- Perang Air. Peserta akan dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok ditugasi untuk mengalahkan lawannya dengan cara merobohkan benteng lawan dengan menggunakan ”bom air”.
- Berenang Ceria. Permainan ini sangat cocok untuk anak-anak. Bermain air sepuas-puasnya di ”mini water boom” sambil diawasi oleh fasilitator.
- Berkuda. Jika pengunjung memilih paket ini, maka pengunjung dapat menunggang kuda poni berkeliling lintasan yang telah disediakan.
- Menggiring Bebek. Pengunjung dapat belajar menggiring bebek dari satu kandang ke kandang lain.
- Fun game. Jendela Alam juga menyediakan beberapa bentuk permainan seperti Floating Water Stick, Four Stroke Race, Magic Ball, dan lainnya.

3. Jendela Workshop
- Workshop Hidroponik. Para pengunjung akan diberi penjelasan tentang seluk beluk tanaman hidroponik, mulai dari cara menanam, jenis tanaman, media hidroponik, dan cara merawatnya.
- Biogas. Pengunjung akan diajari bagaimana proses pembuatan bio gas dari bahan kotoran sapi.
- Bedah Anatomi Hewan. Fasilitator Jendela Alam akan mengajari cara pembedahan, fungsi-fungsi organ dan sistem -reproduksi, pernafasan, pencernaan, dan peredaran darah- dalam hewan unggas/mamalia.
- Fase Telur. Pengunjung akan diajak mengenal lebih jauh soal telur. Mulai dari saat telur keluar dari hewan induknya sampai menetas.
- Komposting. Fasilitator Jendela Alam akan membing cara pembuatan pupuk kompos dari limbah peternakan hewan dan limbah perkebunan.
- Magic Box Takakura. Di sini pengunjung dapat belajar cara membuat komposting takakura dengan cara mengolah limbah organik rumah tangga. Metode Komposting Takakura sangat cocok dipakai pada skala rumah tangga.

4. Jendela Seni
- Menghias Tanah Liat. Peserta diminta untuk mewarnai tanah liat yang sudah dibentuk. Jika cat telah kering, tanah liat yang indah ini dapat dibawa pulang.
- Menghias Layang-layang. Para peserta akan diminta untuk menghiasi dengan alat mewarnai yang telah disediakan. Peserta juga akan diajarkan bagaimana membuat layang-layang hingga siap dimainkan.
- Prakarya Organik. Kegiatan ini mengajak pengunjung untuk membuat karya seni dengan menggunakan bahan organik seperti daun dan ranting pohon. Hasil kreasi masing-masing peserta dapat dibawa pulang ke rumah.

Jika pengunjung telah lelah belajar dan bermain, Jendela Alam telah menyediakan kedai makanan. Pengunjung dapat beristirahat sambil menikmati makanan yang dijamin akan mengundang selera.

Jendela Alam buka setiap hari. Pada hari Senin sampai Jumat, buka mulai pukul 09.00 hingga 15.30. Pada akhir minggu, Sabtu dan Minggu, Jendela Alam buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00. Begitu pula pada hari libur nasional.

Untuk harga tiket masuk, pihak manajemen Jendela Alam memasang tarif Rp 15.000 per orang pada hari biasa dan Rp 20.000 untuk akhir minggu. Sedangkan untuk dapat menikmati sarana belajar dan arena permainan, masing-masing memiliki tarif yang berbeda. Jadi, jangan lupa mampir ke Jendela Alam bersama keluarga. Dijamin asyik. (555)

BERITA TERKAIT

Komunitas