Bale Tani, Agrowisata di Jombang

Senin, 08 Oktober 2018, 12:32 WIB

Agrowisata Bale Tani | Sumber Foto:Jombang City Guide

AGRONET – Agrowisata di Indonesia semakin banyak jumlahnya. Selain karena minat masyarakat terhadap pertanian semakin meningkat, ragam wisata alternatif juga diperlukan. Hampir di setiap provinsi di Indonesia dapat kita temukan agrowisata. Beberapa di antaranya, hadir dengan ciri khas provinsi masing-masing.

Di Kabupaten Jombang, Jawa Timur misalnya, sekitar Juli 2017 telah dibuka agrowisata yang dapat dijadikan sebagai tempat belajar anak-anak. Karena baru berusia sekitar satu tahun, belum banyak yang mengenal agrowisata ini.

Nama agrowisata ini Bale Tani. Lokasi Bale Tani berada di Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Kehadiran agrowisata Bale Tani dapat menjadi pilihan kunjungan wisata selain tempat wisata lain yang telah ada di Jombang, seperti Goa Jepang di Mojoagung dan Bukit Hijau di Wonosalam.

Untuk mencapai agrowisata Bale Tani, jika berangkat dari Surabaya carilah terminal Mojoagung. Kemudian teruskan ke arah Wonosalam hingga tiba di Mojoduwur. Ambil arah kanan. Sekitar lima belas menit kemudian akan sampai di agrowisata Bale Tani. Atau, sebagai patokan carilah pabrik sepatu Venezia. Lokasi Bale Tani berdekatan dengan pabrik sepatu ini.

Agrowisata Bale Tani yang terletak di Jombang bagian selatan ini dikelola oleh Koperasi Petani, Pasedulur Tani. Awalnya, tempat ini adalah peternakan sapi. Kemudian dikembangkan menjadi agrowisata agar dapat menarik lebih banyak pengunjung, selain sebagai tempat untuk menimba ilmu pertanian.

Jika berkunjung pada hari biasa –Senin sampai Kamis- pengunjung tidak dikenakan biaya. Hal ini dilakukan untuk menarik pengunjung. Namun untuk hari Sabtu dan Minggu, pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp 5.000. Tapi jika kita memilih untuk belajar pertanian juga, maka harga tiket masuknya Rp 15.000. Untuk biaya parkir kendaraan, hanya dikenakan biaya Rp 2.000. Perlu dicatat bahwa Bale Tani tutup pada hari Jumat.

Di dalam area di agrowisata ini tersedia berbagai sarana pertanian seperti persawahan, hortikultura, hidroponik, perkebunan, peternakan sapi, tanaman buah dalam pot, pemupukan, dan perikanan darat.

Bale Tani juga menyediakan tujuh rumah panggung dan dilengkapi dengan mushala. Dengan biaya sewa sekitar Rp 2 juta per hari, siapa saja dapat memanfaatkan rumah panggung yang telah dilengkapi dengan sistem tata suara untuk menyelenggarakan pelatihan.

Di dalam Bale Tani juga terdapat kolam renang anak. Kolam renang ini selalu menjadi tujuan utama pengunjung anak-anak. Orang tua tidak perlu khawatir karena kolam renang ini dangkal. Pengunjung tidak perlu membayar lagi untuk dapat berenang di kolam renang.

Untuk pengunjung yang senang karaoke, Bale Tani juga menyediakan tempat dan fasilitas untuk karaoke bersama keluarga. Cukup dengan membayar Rp 10.000, pengunjung dapat memilih enam lagu untuk dinyanyikan di karaoke Bale Bengok yang terdapat di dalam area Bale Tani.

Tempat favorit lain di Bale Tani adalah spot-spot menarik untuk berfoto. Atau istilah sekarang instagramable. Seperti  puluhan payung warna-warni di atas rumah peternakan kelinci. Atau, gambar sayap besar yang terdapat di depan aula wisata.

Jika perut telah menuntut untuk diisi, Bale Tani telah menyediakan rumah makan dengan menu yang enak dan murah. Jadi, jangan lupa jika kebetulan sedang berwisata ke Jawa Timur, sempatkan mampir ke Bale Tani. (555)




BERITA TERKAIT

Komunitas