Agrowisata Amanah, Asri di Kaki Gunung Lawu

Senin, 19 November 2018, 22:22 WIB

Belajar perikanan adalah salah satu kegiatan di Agrowisata Amanah | Sumber Foto:Agrowisata Amanah

AGRONET – Agrowisata yang satu ini telah berdiri sejak tahun 2004. Letaknya di Jalan Raya Tawangmangu Km. 34, Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar. Sekitar 34 km dari kota Solo.

Sejak awal berdiri, agrowisata yang diberi nama Agrowisata Amanah ini mempunyai tujuan sebagai taman belajar dan bermain bagi keluarga. ”Belajar sambil bermain”, begitu kira-kira tema yang diusung oleh agrowisata Amanah. Belajar tidak harus di dalam kelas. Akan lebih baik jika belajar langsung praktek atau melihat langsung apa yang dipelajari.

Di dalam agrowisata Amanah, dapat dijumpai berbagai sarana untuk segala usia. Ada perkebunan organik, peternakan, perikanan, jembatan ogal-agil, kolam renang anak, mini waterboom, wall climbing, flying fox, sarana outbound, dan wahana permainan lainnya. Selain itu, agrowisata Amanah juga menyediakan restoran, bakery, homestay, ruang rapat, dan tempat parkir yang luas. Untuk rombongan, jumlah minimal anggota rombongan 20 orang.

Tidak hanya dilengkapi dengan sarana pendidikan dan bermain, udara di agrowisata Amanah juga sejuk dan segar. Pemandangan Gunung Lawu dan persawahan yang indah dapat terlihat dari agrowisata ini. Semua ini diharapkan dapat membuat pengunjung gembira dan sekaligus menghilangkan rasa penat.

Jika saat makan tiba, pengunjung dapat menikmati makanan di Restauran Amanah. Restauran ini menyediakan masakan tradisional Jawa tradisional dengan menu ikan, ayam kampung, udang, gorengan, dan cah sayuran organik segar dari hasil perkebunan organik agrowisata ini. Minuman hangat dan aneka jus buah segar juga tersedia untuk menghilangkan dahaga. Dijamin semua bahan masakan di Restoran Amanah segar dan Insya Allah halal.

Selain restauran, di dalam area agrowisata Amanah juga terdapat Amanah Bakery. Toko roti ini menyediakan berbagai jenis roti seperti roti tawar (kotak, pandan, rudal, semir, telur keju), roti sobek (coklat, kombinasi, cheese), roti manis coklat dan keju, donat, roti semir, dan aneka kue. Jika anak-anak ingin belajar membuat roti dan berkeliling pabrik roti, dapat dipilih paket kidbond.

Pada wisata Peternakan, pengunjung dapat belajar bagaimana berternak yang baik. Di agrowisata ini tersedia banyak hewan ternak, antara lain; kelinci, kambing, sapi, kuda, ayam, dan bebek. Untuk yang tertarik dengan tanaman buah dan sayuran, pengunjung juga dapat belajar mulai dari pengolahan, pemberian pupuk, dan perawatan dengan menggunakan bahan organik. Hasil dari perkebunan organik di agrowisata Amanah dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan restoran. Selain itu juga untuk praktek memanen buah dan sayuran untuk pengunjung.

Pada sarana perikanan air deras, dapat dijumpai berbagai jenis ikan, seperti ikan nila, gurame, dan ikan mas. Tidak hanya ikan untuk dikonsumsi. Ikan hias juga dipelihara di agrowisata ini, seperti ikan koi. Air untuk keperluan memelihara ikan diambil dari anak sungai di kaki Gunung Lawu.

Jika telah lelah belajar berkebun  dan beternak, saatnya untuk bermain bersama keluarga atau teman-teman. Apapun pilihannya - jembatan ogal-agil, kolam renang anak, mini waterboom, wall climbing, atau flying fox- semuanya dijamin asyik. Jangan khawatir, semua permainan telah dilengkapi dengan peralatan keamanan serta instruktur dan operator yangg berpengalaman.

Jika ingin menikmati sensasi menunggang kuda, pengunjung dapat mencoba menunggang kuda sambil mengelilingi area perkebunan agrowisata. Agrowisata Amanah telah menyediakan pelatih sebagai pendamping untuk mengajari bagaimana  cara menunggang kuda yang benar. Jangan lupa untuk mencoba waterboom. Berenang dan bermain air di waterboom agrowisata Amanah sungguh mengasyikkan.

Jadi, jika Anda sedang berlibur ke kota Solo, sempatkan mampir ke agrowisata Amanah. Jadikan agrowisata ini sebagai salah satu destinasi wisata. Jika perlu, luangkan waktu untuk menginap di Amanah Homestay. (555)

BERITA TERKAIT