Sop Ikan Mak Beng, Sanur Bali .... Hmmm Nyam Nyam ...

Rabu, 06 Pebruari 2019, 00:14 WIB

Sup ikan Mak Beng di Sanur, Bali menjadi salah satu tujuan favorit wisata kuliner di Bali | Sumber Foto:Agronet.co.id

AGRONET – Pulau Bali sebagai destinasi wisata paling favorit di Indonesia tidak perlu diragukan. Juga tidak perlu heran jika orang asing lebih kenal pulau Bali dibandingkan Indonesia. Pulau Dewata – begitu julukan pulau Bali – memiliki banyak jenis wisata, mulai dari budaya, alam, kerajinan, hingga kuliner.

Dua tahun terakhir, 2017 dan 2018, TripAdvisor lewat Traveller’s Choice Awards telah menobatkan Pulau Bali sebagai destinasi wisata terbaik ranking pertama dan ke empat di dunia mengalahkan destinasi wisata di wisata di Eropa, Amerika, dan juga Asia. ”Pulau Bali di Indonesia menjadi destinasi favorit baik untuk wisatawan yang butuh rileksasi sekaligus petualangan,” begitu ulasan mengenai pulau Bali di situs TripAdvisor.

Jika suatu saat singgah di pulau Bali untuk berlibur atau keperluan pekerjaan, cobalah salah satu destinasi wisata kuliner di daerah Sanur. Kuliner ini adalah sup ikan Mak Beng. Kuliner ini cukup unik jika melihat jenis kuliner di pulau Bali pada umumnya, seperti sate lilit, ayam betutu, sate plecing, dan lawar.



Di Indonesia, kuliner sup ikan dapat juga ditemukan di daerah beberapa daerah, seperti ikan asam padeh dan gulai kepala ikan di daerah Minang, kapurung di Makasar, dan ikan kuah kuning di Papua.

Warung sup ikan Mak Beng didirikan oleh Ni Ketut Tjuki sekitar tahun 1941. Kemudian usaha kuliner ini diberi nama Warung Mak Beng. Walaupun menu yang disajikan terbilang sederhana -hanya ikan laut goreng, sup ikan, dan nasi putih- namun Warung Mak Beng tidak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan, tempatnya jauh dari kesan mewah. Sederhana saja. Lokasinya di jalan Hang Tuah No.45, Sanur, Denpasar.

BERITA TERKAIT

Lalu apa yang membuat Warung Mak Beng ramai dikunjungi. Kuncinya ada pada ikan dan bumbu yang digunakan. Ikan yang digunakan selalu segar. Ikan segar tidak amis ketika dimasak, walaupun diolah menjadi sup ikan. Ukuran potongan ikan yang disajikan juga cukup besar.

Warung Mak Beng menggunakan ikan tenggiri, bakalang dan kakap merah. Daging ikan ini memiliki tekstur yang padat dan tidak mudah hancur. Bumbu yang digunakan juga yang masih segar, sehingga dapat menghilangkan bau amis.

Sup ikan Mak Beng semakin terasa nikmat karena ditambah dengan ketimun dan belimbing wuluh. Apalagi jika dimakan dengan sambal dan jeruk nipis. Potongan ikan yang disajikan adalah bagian tengah badan ikan, sehingga dagingnya banyak. Walaupun ikan goreng Mak Beng kulitnya kering, namun dagingnya tetap lembut dan basah. Ini menunjukkan cara menggoreng benar dan ikan yang segar.

Rasa nikmat sup ikan dan ikan goreng ini semakin sempurna karena lokasi Warung Mak Beng tidak jauh dari pantai. Hanya saja, untuk yang datang dengan menggunakan mobil pribadi, tidak mudah mencari tempat parkir. Apalagi pada saat musim libur atau pada saat waktu makan. Untuk wisatawan yang mencari kuliner halal, sup ikan dan ikan goreng ini dapat menjadi salah satu pilihan. (555)

BERITA TERKAIT

Agro Pilihan