Buah Termahal di Dunia

Kamis, 20 Juli 2017, 01:16 WIB

Melon Yubari

Syarat agar makanan yang kita santap memenuhi 4 sehat 5 sempurna, salah satunya adalah harus ada buah. Mengapa kita perlu makan buah ? Buah mengandung serat yang tinggi, vitamin, mineral, dan air yang baik untuk pencernaan. Mengonsumsi buah secara rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, buah juga berfungsi sebagai antioksidan.
Di Indonesia, harga buah relatif terjangkau oleh dompet kita. Tapi tahukah ternyata ada buah yang dijual dengan harga sangat mahal alias tidak masuk akal. Buah apa saja yang mempunyai harga fantastis itu ?

1. Melon Yubari
Buah ini diklaim sebagai buah termahal di dunia. Dijual dengan harga Rp 305 juta per buah. Dengan uang sebanyak ini, Anda dapat membeli sebuah mobil. Melon Yubari hanya dapat ditemukan di pulau Hokkaido, dekat Sapporo.
Melon Yubari adalah hasil hibrida dari dua jenis melon yang manis. Daging buahnya berwarna oranye. Di Jepang, melon Yubari lazim dipakai sebagai hadiah, karena harganya yang sangat mahal. Di Indonesia kita dapat membeli sebuah melon biasa yang rasanya manis dengan harga hanya sekitar Rp 60 ribu.

2. Semangka Densuke
Semangka Densuke menduduki posisi sebagai buah nomor dua termahal. Buah ini dijual dengan harga sekitar Rp 81 juta per buah. Ukuran semangka Densuke sedikit lebih besar dari ukuran semangka pada umunya. Beratnya sekitar 12 kg.
Harga yang sangat mahal ini disebabkan karena langkanya jenis semangka ini. Kita hanya dapat menjumpai semangka Densuke di pulau Hokkaido, Jepang. Setiap tahunnya hanya sekitar 10.000 buah yang dipanen.
Biasanya hasil panen pertama akan dijual dengan cara dilelang. Pembelinya sudah pasti orang yang sangat kaya yang hanya ingin menjadi orang pertama yang mencicipi lezatnya semangka Hokkaido.

3. Anggur Ruby Roman
Anggur Ruby Roman berasal dari prefektur Ishikawa, Jepang. Dijual dengan harga Rp 53 juta per kantong. Anggur jenis ini dikenal juga sebagai ”anggur meja”. Besarnya mirip dengan ukuran bola pingpong.
Anggur Ruby Roman pertama dihasilkan pada tahun 2008. Saat itu, ada pembeli yang berminat mencicipi dan berani membayar Rp 12 juta untuk sekantong kecil contoh hasil panen. Jika dihitung jumlah anggur dalam kantong kecil itu, maka harga per buahnya sekitar Rp 345 ribu. Hanya untuk sebuah anggur. Padahal, di Indonesia kita dapat membeli 1 kg anggur dengan kualitas baik hanya dengan harga Rp 150 ribu.

4. Mangga ’Taiyo no Tamago’
’Taiyo no Tamago’ adalah merk dagang untuk buah mangga yang berasal dari Jepang. Dalam bahasa Indonesia, ’Taiyo no Tamago’ berarti ’telur matahari’. Disebut demikian karena bentuknya yang lonjong mirip telur.
Perusahaan ’Taiyo no Tamago’ hanya mau menjual mangga istimewa ini yang beratnya di bawah 350 gram dan memiliki kandungan gula yang rendah. Setiap tahunnya, pada saat panen pertama, penjualan dilakukan lewat lelang.
Harga jual mangga ’Taiyo no Tamago’ dapat mencapai Rp 40 juta untuk dua buah mangga. Di Indonesia, harga mangga harum manis kualitas terbaik dapat kita beli dengan harga Rp 75 ribu per kilo.

5. Nanas dari ’The Lost Gardens of Heligan’
Nanas ini berasal dari sebuah taman botani yang sangat terkenal di Inggris, yang bernama The Lost Gardens of Heligan. Nanas bukanlah buah yang umum tumbuh di Eropa. Satu-satunya tempat di darat Eropa yang masih ada tanaman nanas hanya di Heligan.
Untuk menjaga agar tanaman nanas ini dapat tetap tumbuh, di atas hamparan tanahnya dilapisi dengan dua lapisan lumpur. Buah yang mudah kita jumpai di Indonesia ini, di The Lost Gardens of Heligan dijual dengan harga Rp 21 juta per buah. Harga termahal yang pernah terjadi sebesar Rp 200 juta. Hanya untuk sebuah nanas.

6. Semangka Kotak
Agronet.co.id pernah menulis jenis buah yang satu ini. Semangka ini memang memiliki bentuk yang tidak lazim. Bentuk kotak sengaja dipilih dan dibentuk, agak mudah dikemas. Harga jualnya mencapai Rp. 10,5 juta per buah.
Sebelum 2014, semangka kotak hanya dijual di dalam negeri saja. Namun karena adanya permintaan, akhirnya semangka kotak asal negeri ’Matahari Terbit’ ini di ekspor.
Setiap buahnya memiliki bobot 6,5 kg dan dapat dibeli di supermarket di Jepang. Umumnya, orang membeli semangka kotak tidak untuk di konsumsi, tapi hanya dipergunakan sebagai pajangan di dalam rumah.

7. Stroberi Sembikiya Queen
Untuk dapat merasakan enaknya buah stroberi Sembiyaki Queen, kita harus tega mengeluarkan uang Rp 1,1 juta hanya untuk 12 buah stroberi dalam satu kemasan. Bentuk dan warna buah stroberi ini begitu indah sempurna, sehingga kita pun menjadi sayang untuk memakannya.

8. Jeruk Dekopon
Jeruk Mandarin sudah tidak asing bagi kita. Tapi jeruk yang satu ini, begitu spesial. Pertama kali dihasilkan pada saat panen tahun 1972. Dekopon, begitu nama jeruk ini, sebenarnya ada merk dagang dari jeruk yang besarnya mirip dengan bola softball dan mempunyai benjolan besar pada bagian atasnya.
Jeruk Dekopon diakui sebagai jeruk yang paling berkualitas baik dan memiliki rasa yang paling manis di dunia. Harganya, Rp 1,050 juta per kantong isi 6 buah.

9. Apel ’Sekai Ichi’
Ini apel nomor satu di dunia. Mengapa demikian ? ‘Sekai Ichi’ dalam bahasa Indonesia berarti nomor satu di dunia.
Buah Apel ’Sekai Ichi’ memiliki keliling sebesar 38 cm. Keliling apel ini hampir lebih besar dari lingkaran pinggang beberapa supermodel. Dengan ukuran yang tidak lazim ini, apel ’Sekai Ichi’ memiliki berat sekitar 1 kg. Hingga ulang tahunnya yang ke-40 pada 2014, apel ini masih tetap sebagai apel termahal di dunia. Harganya Rp 280 ribu per buah.

10. Pir Berbentuk Budha
Bentuk buah pir ini sangat mirip dengan Budha. Seperti halnya semangka kotak, bentuk Budha dapat terjadi karena buah pir tumbuh besar dalam cetakan.
Awalnya seorang petani bernama Xianzhang Hao, asal provinsi Hebei, Tiongkok, membuat cetakan Budha untuk tanaman buah pir miliknya. Pada saat tanaman mulai berbuah, setiap buahnya dimasukkan ke dalam cetakan. Hasilnya, setiap buah pir sangat mirip dengan Budha, bahka hingga detail wajahnya. Untuk dapat menikmati buah pir ini, cukup dengan membayar Rp 120 ribu per buah. (555)

 

 

 

 

 

 

 

 

BERITA TERKAIT

Komunitas