Pernah Coba Miracle Fruit ?

Senin, 31 Juli 2017, 22:13 WIB

Miracle Fruit


AGRONET - Keunikan Miracle Fruit membuat Mar’atus Sholikah kewalahan menjelaskan tentang buah ini.  ”Jangan bilang sawo kecik ya,” paparnya. Sepintas, buah ini memang mirip sawo kecik.  Banyak juga yang mengira buah tanjung ataupun buah melinjo. Buah ini berukuran kecil dan berwarna merah.

Synsepalum dulcificum adalah nama ilmiah dari Miracle Fruit, termasuk ke dalam kerabat berry.  Tapi, tidak seperti berry pada umumnya, Miracle Fruit memiliki rasa manis yang khas. Uniknya, cukup dengan dikulum 1-2 menit, rasa manis yang timbul tetap tertinggal di lidah. ”Buah super ajaib ini cocok untuk yang sakit dan takut makan pil pahit. Cukup makan Miracle Fruit sebelum menelan pil,” jelas Mar’atus.

Bagi yang berminat mencoba, Mar’atus memiliki nursery di Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.  Bila ditaruh pada suhu ruang, buah ini bisa bertahan selama 1 minggu. Mar’atus menjual Miracel Fruit dengan harga Rp. 10 ribu per 3 buah, dan jika ada yang berminat untuk menanamnya tersedia juga tanaman setinggi 7cm seharga Rp. 20ribu. 

Dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menanam tanaman Miracle Fruit.  ”Pertumbuhan tanaman ini sangat lambat. Tapi kalau sudah berbuah, akan berbuah terus,” jelas lulusan terbaik Fakultas Pertanian Universitas Madiun. Pada saat tanaman sudah mencapai tinggi 50 hingga 60 cm, dapat diperoleh sampai 100-an buah Miracle Fruit. Tapi, yang pasti, karena masih jarangnya tanaman ini dibudidaya, maka menjadi ladang rezeki untuk Mar’atus. (269)

 

BERITA TERKAIT