Rumput Taiwan Manis Nan Lembut

Senin, 30 Oktober 2017, 23:26 WIB

Rumput Taiwan | Sumber Foto:agronet.co.id

AGRONET - Terkendala dengan tingginya biaya makanan ternak (pakan)? Pernah dengar rumput taiwan? Kini banyak peternak domba, kambing dan sapi yang mulai menanam rumput jenis ini. Rumput taiwan (Pennisetum purpureum schumach) merupakan persilangan P. purpureum cv. Taiwan. Sudah sejak 7 tahun silam Dinas Peternakan dan Kesehatan Ternak Provinsi Lampung memperkenalkan tanaman ini.

Darmono, pelaku mixfarming, Cikampek, sudah memberikan pakan sapi dan dombanya menggunakan rumput taiwan ini. “Rasa batangnya manis dan empuk,” sebut Darmono sambil menyungah rumput taiwan.  Kandungan kadar protein kasar berkisar antara 9 sampai 10,5 %. 

Tekstur daun lebar dan daun bulu yang lembut membuat rumput taiwan lebih disukai ternak.  Sebelum diberikan ke ternak, Rumput Taiwan terlebih dahulu dilayukan selama setengah hari.  Kemudian dicacah atau dipotong-potong agar ternak mudah mengkonsumsi.  Dengan memberi pakan rumput Taiwan, Darmono hanya tinggal memberi pakan tambahan seperlunya.

Keunggulan rumput taiwan dapat ditanam pada ketinggian 0 – 3.000 mDPL  dengan curah hujan 1.500 mm.  Dari segi produktifitas dalam setahun dapat mencapai 300 ton per-ha.  Di usia 50 hari, rumput taiwan dapat mencapai tinggi lebih dari 4 meter.  Untuk pemupukan dapat berikan dengan memanfaatkan kotoran ternak yang diolah menjadi pupuk organik.

Bagi pemula, menanam rumput ini pun mudah, tinggal menanam stek batang rumput taiwan.  Kerapatan tanam biasanya 100 x 100 cm.  Satu rumpun ditanam minimal 3 batang tunas.  Tiap batang terdiri dari tiga ruas, satu ruas muncul dipermukaan, dua ruas lainnya terpedam di tanah.

Panen pertama diperoleh setelah 3 sampai 5 bulan penanaman.  Tiap rumpun akan memperoleh 2 sampai 3 kg rumput.  Panen berikutnya membutuhkan waktu yang relatif singkat dan panen yang lebih banyak.  Dalam waktu 1,5 sampai 2 bulan sudah dapat memperoleh rumput berkisar antara 4 sampai 8 kg tiap rumpunnya.

Menanam rumput taiwan tidak hanya menguntungkan diri sendiri.  Saat rumput taiwan sudah menua, perlu dilakukan diremajakan.  Dari proses peremajaan akan banyak memperoleh tunas-tunas baru.  Disinilah tunas-tunas baru dapat dipasarkan.  Berkisar 300 – 500 rupiah, stek rumput taiwan banyak dicari orang.  Kenapa tidak mulai menanan rumput dengan cita rasa manis dan empuk ini? (269)

BERITA TERKAIT

Komunitas