Gurihnya Ayam Ulu

Kamis, 19 Oktober 2017, 00:11 WIB

Ayam Ulu Pesaing Ayam Kampung | Sumber Foto:PT Unggas Lestari Unggul

AGRONET - Ayam kampung mempunyai rasa yang berbeda dibandingkan ayam broiler (ayam ras pedaging). Daging ayam kampung lebih gurih, sehingga lebih banyak disukai orang.

Walaupun harganya lebih mahal, minat terhadap ayam kampung terus meningkat. Sayangnya pertumbuhan ayam kampung lebih lambat dibanding ayam ras pedaging. Sehingga, hingga kini peternak belum dapat memenuhi permintaan pasar.

Salah satu jalan keluar yang ditawarkan adalah ayam Ulu. Ayam jenis ini dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan daging ayam kampung.

Ayam ulu adalah hasil persilangan antara pejantan ayam pelung dengan ayam betina lokal asal Perancis. Hasilnya ayam yang menyerupai ayam kampung namun pertumbuhannya lebih cepat dibanding ayam kampung. Kelebihan ayam ulu lainnya adalah dagingnya memiliki rasa seperti ayam kampung. Namun daging ayam ulu lebih banyak dibandingkan ayam kampung.

Salah satu peternakan ayam yang membudidayakan ayam ulu adalah PT Unggas Lestari Unggul. Dengan budidaya ini diharapkan ayam ulu dapat memenuhi kekurangan pasokan ayam kampung, khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Saat ini ayam ulu dibudidayakan dan dipelihara di peternakan ayam dengan standar tinggi, dan belum disebarkan secara luas kepada masyarakat. (020)