American Giant Runt, Prospek Baru Merpati Pedaging

Senin, 06 November 2017, 20:54 WIB

Merpati American Giant Runt | Sumber Foto:Prihardjono

AGRONET - Merpati termasuk jenis burung yang paling banyak dipelihara manusia. Ada orang yang memeliharanya sebagai hewan peliharaan, untuk kontes, sebagai hewan hias, bahkan ada yang dikomersialkan sebagai hewan pedaging. Sebagai sumber protein ternak merpati dapat dijadikan model bisnis baru.

Indonesia memiliki banyak jenis merpati. Namun kebanyakan perawakannya relatif kecil sampai sedang. Sudah banyak upaya untuk mengembangkan persilangan dari berbagai jenis merpati agar dapat menghasilkan merpati unggul dan besar, namun terkendala pada ketersediaan bibit unggul.

Di negara benua Eroda dan Amerika, ternyata ada jenis merpati yang memiliki postur badan yang besar. Salah satunya adalah merpati jenis Americant Giant Runt. Jenis merpati ini menjadi menu utama merpati potong di Eropa dan Amerika. Oleh karena itu Prihardjono mengusung merpati ini ke Indonesia untuk dikembangbiakkan.

Merpati American Giant Runt, memiliki perawakan yang lebih besar. Tubuhnya yang hampir menyerupai ayam broiler ini tentu saja memiliki daging yang lebih banyak. ”Kami menemukan jenis merpati ini setelah keliling di beberapa negara seperti Afrika Selatan, Eropa, dan Amerika. Jenis merpati inilah yang cocok dengan iklim di Indonesia,” kata Prihardjono di sela-sela acara Pameran Peternakan Indonesia 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta.

Prihardjono yang juga sebagai ketua Komunitas Merpati Hias Indonesia menambahkan bahwa jenis merpati American Giant Runt sangat layak jika dijadikan merpati potong. Dengan pemberian makanan yang cukup, pada usia tiga bulan merpati ini sudah layak dikonsumsi. Bahkan sebagian masyarakat di Cina sudah mengkonsumsi pada usia dua minggu.

Merpati ini sudah mulai dikembangbiakkan di Indonesia terutama di kalangan komunitas. Namun belum ada yang memperdagangkannya sebagai merpati potong. Padahal merpati American Giant Runt merupakan sumber protein. Dari sisi biaya operasional makanan, Merpati jenis ini membutuhkan 3 kg makanan, mulai dari menetas sampai merpati layak dipotong. (020)