Kucing Seharga Honda HRV

Jumat, 07 Juli 2017, 22:59 WIB

Kucing Savannah

Agronet - Anda pecinta kucing ? Kucing jenis apa saja yang anda pelihara dan ada di dalam rumah ? Umumnya, orang Indonesia memelihara kucing ’kampung’, kucing yang sering kita dijumpai di jalan. Atau, jika ingin lebih keren, biasanya cenderung memilih jenis kucing ras Angora atau Persia. Harganya tidak terlalu mahal untuk pecinta kucing ras. Apalagi jika kucing yang kita beli merupakan hasil perkawinan dengan kucing ‘kampung’.

Untuk anak kucing Persia atau Angora usia 6 bulan yang masih ras asli, harganya dapat mencapai Rp 16 juta. Jika hasil perkawinan antara kucing Persia dengan kucing Angora, harganya menjadi hanya sekitar Rp 2,5 juta. Tapi, jika kucing Persia atau Angora dikawinkan dengan kucing ‘kampung’, anaknya yang berusia sekitar 6 bulan dijual dengan harga di bawah Rp. 1 juta.

Nah, jika anda sudah bosan dengan kucing Persia dan Angora, kucing Savannah atau kadang disebut dengan kucing Sabana yang berarti padang rumput, dapat dipilih untuk menambah semarak rumah.  Kucing jenis ini telah hadir di Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu. Namun belum banyak orang yang mengetahui apalagi memeliharanya.

Kucing ini merupakan ras kucing hibrida, hasil persilangan kucing liar Serval dari Afrika dengan kucing domestik ras Siamese, Bengal, dan EgyptIan. Kucing Savannah lahir pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 1986 atas keinginan Judee Frank -seorang peternak kucing ras Bengal- yang ingin menciptakan kucing ras baru.

Untuk mewujudkan keinginannya itu, ia melakukan perkawinan silang antara kucing ras Siamese dengan Serval. Hasilnya, lahirlah ras hibrida Savannah yang kemudian menjadi salah satu kucing yang paling digandrungi oleh pecinta dan peternak kucing di akhir tahun 1990-an, dan bahkan menjadi salah satu kucing yang paling populer di Amerika Serikat. Namun demikian, baru pada tahun 2001 kucing Savannah diakui oleh TICA (The International Cat Association) menjadi salah satu jenis kucing ras baru.

Perlu diingat bahwa kucing Savannah yang diakui oleh TICA jika bulunya masih memiliki pola ’spot’ (bintik besar), seperti halnya Cheetah. Penampilan Savannah memang mirip dengan Cheetah, hewan darat yang sampai saat ini masih memegang rekor lari tercepat. Cheetah mampu berlari hingga kecepatan 110 km per jam hanya dalam waktu sekitar 3,5 detik. Namun, kucing Savannah beda dengan Cheetah yang buas dan suka berburu. Kucing Savannah adalah kucing ras yang jinak dan tidak agresif. Kakinya panjang, tinggi, ramping, dan lentur. Telinganya berbentuk segitiga. Jika berjalan, kucing Savannah tampak lebih gagah dibanding jenis kucing lain.

Kucing Savannah dikenal juga dengan kucing yang dapat melompat tinggi. Lompatannya dapat mencapai lebih dari 2,5 meter. Ia juga tidak takut pada air seperti halnya kucing ras Bengal. Uniknya, kucing Savannah dapat mendesis sama seperti moyangnya, Serval.

Generasi pertama kucing Savannah lazim disebut dengan F1. Generasi ini memiliki 50% genetik kucing Serval. Generasi kedua yang disebut dengan F2, memiliki 25% genetik kucing serval. Demikian seterusnya hingga generasi kelima misalnya, F5, yang memiliki 3,12% genetik kucing serval.

Ukuran tubuh kucing Savannah sangat bergantung pada tingkat generasi dan jenis kelamin. Generasi F1 dan F2, memiliki ukuran tubuh lebih besar dari generasi di bawahnya. Jenis jantan biasanya bertubuh lebih besar dari betina. Bobot tubuh kucing Savannah generasi F1 dan F2 dapat mencapai hampir 12 kg, tapi untuk generasi di bawahnya bobot maksimumnya sekitar 7 kg.

Makanan favorit kucing Savannah adalah ayam mentah yang masih segar. Seekor kucing Savannah, dalam satu hari dapat menghabiskan 2 ekor ayam utuh yang masih segar. Ini artinya, biaya konsumsi makan seekor kucing Savannah sekitar Rp 2 juta per bulan. Belum lagi biaya perawatan lainnya.

Di Indonesia tidak mudah memiliki kucing Savannah. Jumlahnya masih sangat terbatas. Belum banyak breeder kucing di Indonesia yang menjualnya. Tapi jika anda ingin memiliki kucing Savannah yang memiliki peluang hidup hingga usia 20 tahun ini, anda harus siap-siap untuk merogoh kantong cukup dalam untuk menebusnya. Kucing Savannah generasi pertama (F1) dijual dengan harga sekitar Rp 275 juta, mirip dengan harga Honda HRV. Masih berminat untuk memeliharanya ? (555)

 

 

BERITA TERKAIT

Komunitas