Pemerintah Janji Beri Bantuan Kapal ke Nelayan

Jumat, 10 November 2017, 21:17 WIB

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua FX. Mote | Sumber Foto:Humas Pemprov Papua

AGRONET - Dinas Kelautan dan Perikanan Papua mengimbau 13 kabupaten dan kota di Bumi Cenderawasih untuk melakukan pendataan nelayan. Yaitu, Jayapura, Merauke, Asmat, Mappi, Boven Digoel, Mimika, Biak, Nabire, Supiori, Waropen, Sarmi, dan Kota Jayapura. Data tersebut, nantinya, dipergunakan oleh pemerintah provinsi untuk mengalokasikan program kerja peningkatan ekonomi dan kesejahteraan nelayan.

Seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua FX. Mote kepada pers (11/10), di Jayapura. Bupati dan walikota di 13 wilayah ini disarankan untuk pandai melihat peluang yang ada di bidang kelautan. Potensi laut Papua sangat menjanjikan jika dikelola secara maksimal. “Yang terpenting adalah para Kepala Daerah ini harus mulai berpikir bagaimana bisa menangkap ikan dalam jumlah yang banyak untuk dijual kepada masyarakat. Dengan begitu, pastinya ekonomi nelayan bakal meningkat. Kami pun di provinsi tidak akan tinggal diam. Akan terus mendorong dengan menggali potensi perikanan yang ada, supaya mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan,” tuturnya.

Nelayan Papua diimbau mulai membentuk koperasi atau kelompok usaha bersama. Dengan begitu bisa mengajukan permintaan kapal kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan di 2018 mendatang. Mote berharap pemerintah kabupaten dan kota dapat membantu memenuhi semua persyaratan yang wajib dipenuhi oleh para nelayan.

“Instansi perikanan diharapkan lebih berperan aktif dalam memberi pendampingan pembentukan koperasi atau kelompok usaha. Juga membantu para nelayan melengkapi kriteria yang diwajibkan untuk pengajuan permintaan kapal kepada pusat,” jelasnya. (Humas PemprovPapua/111)