Alternatif Pakan Sistem Fermentasi

Sabtu, 06 Januari 2018, 15:26 WIB

Proses Pembuatan Silase dengan Memanfaatkan Daun

AGRONET - Petani umumnya memberikan pakan (makanan ternak) hanya berupa pemberian rumput saja. Kini pemberian pakan tidak hanya mengandalakan rumput.  Pakan alternatif menjadi trobosan baru yang dilakukan Dinas Pertanian Kota Bogor, Jawa Barat. 

Ternak besar, sapi salah satunya, dapat diberikan silase. Sistem silase ini melalui proses fermentasi terlebih dahulu.  Bahan pakan yang digunakan dapat berupa bahan-bahan alami atau sampah organik.  Penyuluh Lapangan Bidang Pertanian Kota Bogor menyebutkan, “Daun sapuan jalan, daun serta ranting- ranting hasil tebangan pohon, contoh yang dapat disilase menjadi pakan altenatif.”

Tidak hanya pakan sapi yang dikembangkan.  Pakan alternative ikan dan ternak kecil atau unggas pun dikembangkan dengan memanfaatkan manggot.  Kumpulan sampah organik ditimbun dalam satu tempat dan ditebar telur manggot.  manggot dewasa dapat dijadikan pakan alternatif ikan dan unggas.  Petani Kota Bogor, saat ini dalam tahapan percobaan pemanfaatan pakan sistem fermentasi.  Kedepannya kelompok peternak akan menerapkan dan mengembangkan pemanfaatan alternatif pakan yang ada disektiar.

Pemanfaatan sampah organik ini sejalan dengan visi Dinas Pertanian Kota Bogor ‘Agribisnis Perkotaan yang Ramah Lingkungan dan Berdaya Saing’.  Upaya peningkatan daya saing, Petani diarahkan untuk berkerjasama dengan INFOIS (Indonesian Organik Farming Sertificate).  Dengan terjalinnya kerjasama tersebut produk organik yang dihasilkan dapat diakui dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. (Dian/Indri Novitasari/269).

Agronesia Utama
Komunitas