Presiden Jokowi Usulkan Pembukaan Fakultas Kopi

Rabu, 21 Pebruari 2018, 14:25 WIB

Perkebunan kopi

AGRONET-Presiden Joko Widodo menyampaikan usulan yang unik. Saat memberikan sambutan pada acara Forum Rektor Indonesia di Universitas Hasanuddin, Makassar pekan lalu, Jokowi minta agar perguruan tinggi membuka jurusan atau fakultas pertanian yang lebih spesifik.

“Kenapa tidak membuka Fakultas Kopi? Jurusannya bisa berbagai macam, seperti kopi tumbuk, kopi espresso, dan jika perlu kopi latte,” ujar Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyatakan gagasannya untuk  membuka Fakultas Perkebunan. Menurut presiden, jurusan Fakultas Perkebuna bisa lebih detail. “Misalnya jurusan cokelat,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, presiden menjelaskan, bahwa Indonesia memiliki lahan 13 juta hektare sawit. Dia minta untuk lahan yang luas itu harus di manfaatkan sebaik mungkin. Dia berharap jangan sampai hal itu tidk ada yang mengurus.

Menurut presiden, inovasi dari perguruan tinggi menjadi kebutuhan untuk pembangunan negeri. Karena itu, dia minta agar rektor merancang dan menyiapkan hadirnya fakultas dan jurusan yang inovatif.

Selain itu, Jokowi menyampaikan keinginannya untuk mengembangkan pertanian di Indonesia yang kaya akan rempah-rempah. Menurut dia, adanya fakultas dan jurusan dengan konsentrasi ilmu yang lebih spesifik, bisa meningkatkan industri di tanah air.

Ia menyayangkan tidak adanya fakultas ataupun jurusan di perguruan tinggi negeri yang fokus pada bidang sepak bola. Ia berharap ada rektor yang berani untuk membuka fakultas sepak bola. 

"Sepak bola kita kalah terus, karena universitas kita tidak membuka fakultas itu. Coba dari dulu itu ada, pasti sudah juara," ujar presiden. (442)