Pupuk Bersubsidi Hanya untuk Kelompok Tani

Selasa, 03 April 2018, 16:18 WIB

Tumpukan pupuk NPK (nitrogen, phosphor, kalium).

AGRONET-Tidak semua petani bisa mendapatkan pupuk bersubsidi. Jenis pupuk bersubsidi akan diperuntukkan bagi petani tertentu.

“Hanya kelompok tani saja yang akan mendapatkan pupuk bersubsidi. Kami hanya akan menjalankan kebijakan ini dan mendistribusikannya sesuai alokasi yang ada,” kata Direktur Pemasaran PT Pupuk Indonesia, Achmad Tossin Sutawikara, kemarin di Surabaya.

Menurut dia, kebijakan itu sesuai dengan Peraturan Meneri Pertanian Nomor 47 2017 tentang Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi. Tak hanya itu, agar bisa mendapatkan pupuk bersubsidi, kelompok tani juga wajib mengajukan rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK).

Tossin menegaskan, jika kelompok tani belum membuat RDKK, maka secara otomatis belum bisa mendapatkan pupuk bersubsidi. PT Pupuk Indonesia akan menyediakan pupuk nonsubsidi bagi kelompok tani yang tak mau membuat RDKK.

Distribusi pupuk bersubsidi juga memiliki acuan dari Kementerian Perdagangan. Sesuai Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 15/M-DAG/PER/4/2013 tentang Pengadaan dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian, maka distribusi pupuk bersubsidi harus memenuhi enam unsur tepat. Keenam tepat itu adalah: tepat jenis, jumlah, harga, tempat, waktu, dan mutu.

Pemerintah juga menetapkan agar perusahaan pupuk menyediakan stok untuk dua minggu. Meski demikian, PT Pupuk Indonesia melakukan antisipasi ketersediaan pupuk untuk satu bulan ke depan.

Langkah itu ditempuh untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kelangkaan pupuk. “Pasokan pupuk sepanjang musim tanam ini kita jamin aman,” paparnya. (442)

 

BERITA TERKAIT