Panen Cabai Rawit, Blitar Jamin Pasokan Ramadhan

Jumat, 27 April 2018, 10:51 WIB

Panen raya cabai dilaksanakan di lahan milik Gapoktan Manunggal Karso, Blitar, rabu (25/4)

AGRONET-Ketersediaan cabai rawit untuk bulan Ramadhan menjadi perhatian khusus Kementerian Pertanian (Kementan). Pemantauan sudah dilakukan dari bulan April ini. Salah satu lokasi sentra cabai rawit yang dipantau adalah Blitar.

Berdasarkan hasil pemantauan Direktur Perlindungan Hortikultura, Sri Wijayanti Yusuf, mengatakan luas lahan cabai rawit merah yang siap panen saat ini di Kabupaten Blitar mencapai 6.950 ha atau 43?ri target luas panen per bulan secara nasional yaitu sebesar 16.000 ha per bulan. Produktivitas varietas cabai rawit lokal Blitar mencapai 8 ton per ha.

Bulan April merupakan puncak panen raya cabai rawit merah di Kabupaten Blitar. Lokasinya terletak di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Panggungrejo seluas 3.000 ha, Binangun 2.500 ha, dan Wates 1.450 ha.
“Hal ini membuktikan bahwa stok ketersediaan cabai rawit merah secara nasional menjelang ramadhan 2018 cukup tersedia,” kata Sri Wijayanti saat melalukan pemantauan sekaligus panen raya cabai merah bersama Bupati Blitar.

Dia menegaskan terjaminnya ketersediaan cabai rawit merah secara nasional ini selain dicukupi dari produksi di Blitar, juga disuplai dari sentra cabai rawit merah lainnya. Yakni Kediri, Malang, Banyuwangi, Magelang, Temanggung, Garut, Cianjur, Sukabumi, dan Lombok Timur.

“Daerah sentra produksi cabai rawit merah ini, saat ini sedang panen raya. Panen terus berlanjut hingga bulan Juni karena petik cabai hingga 16 kali dalam semusim. Artinya, kebutuhan untuk Ramadhan hingga Lebaran nanti tentu aman,” jelasnya.

“Produksi dari Blitar sendiri sangat tinggi mencapai 80 ton per hari sehingga mampu memasok surabaya hingga jakarta,” sambungnya.

Selain itu lanjut Sri Wijayanti, dengan kondisi panen yang hampir merata di setiap kecamatan di Kabupaten Blitar, maka harga di tingkat petani saat ini cenderung turun untuk aneka Cabai. Misalnya, cabai merah keriting hari ini Rp 35.000 per kg dan cabai rawit merah sendiri turun menjadi Rp 17.000 per kg.

"Dengan kondisi ini, kami yakin ketersediaan dan harga aneka cabai selama Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri nanti aman terkendali,” ungkapnya.

Hadir pada panen raya ini Kepala Dinas Pertanian Blitar, Eko Priyo Utomo, Kepala Kejaksaan Negeri Blitar, Amrullah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Blitar, Haprianto, Wakapolres Blitar, Kompol Andy Yudha beserta jajarannya serta champion cabai merah, Sarwiyanto. Panen raya cabai dilaksanakan di lahan milik Gapoktan Manunggal Karso Desa Panggungrejo, Kec. Panggungrejo. (Biro Humas dan Informasi Publik Kementan/222)