BKSDA Jakarta Sapu Bersih Sampah di Pulau Rambut

Rabu, 02 Mei 2018, 13:45 WIB

BKSDA Jakarta di Pulau Rambut, Jumat (27/4) | Sumber Foto:KLHK

AGRONET-Suaka Margasatwa Pulau Rambut adalah satu dari sepuluh situs Ramsar yang ada di Indonesia, terletak di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dan dikenal dengan sebutan Heaven of Birds. Kawasan ini juga merupakan satu dari empat Kawasan konservasi yang dikelola oleh Balai KSDA Jakarta. Nilai penting dari Kawasan ini merupakan tempat berkembang biak (Breedinga site) jenis burung yang dikenal dengan sebutan Cikalang Christmas (Fregata anderwsi) yang berasal dari pulau Christmas dari benua Australia.

Dengan luasan ± 90 Ha yang terdiri dari 45 Ha daratan dan 45 Ha perairan Pulau Rambut juga merupakan tempat berbiak banyak jenis burung air lainnya. Fungsi penting Kawasan ini menjadi terancam ketika permasalahan sampah yang selama ini dihadapi tidak segera diatasi. Sampah-sampah yang selama ini mendarat di Suaka Margasatwa Pulau Rambut kebanyakan berupa sampah rumah tangga yang dibawa oleh aliran sungai Ciliwung, Citarum, dan Cisadane. Hal ini mengganggu pertumbuhan dari anakan-anakan bakau yang memegang peran penting ekosistem mangrove di kawasan tersebut. Menyikapi hal tersebut maka pada Jumat, 27 April 2018, Balai KSDA Jakarta kemudian menyelenggarakan kegiatan Cinta Habitat di Pulau Rambut. Kegiatan tersebut berupa aksi bersih sampah.

Kegiatan cinta habitat kali ini selain dilaksanakan oleh keluarga besar Balai KSDA Jakarta juga melibatkan Divers Clean Action yaitu salah satu komunitas peduli lingkungan di Jakarta dan sekitarnya. Wilayah yang dibersihkan meliputi tepi pantai sebelah barat, sebelah timur, laguna dan di sekitar menara pengamatan burung. Hasilnya adalah terkumpulnya 146 kantong sampah setara dengan 730 Kg. Ke depannya diharapkan aksi-aksi seperti ini sering dilaksanakan dengan melibatkan lebih banyak pihak sambil mencari solusi jitu untuk mencegah masuknya sampah ke dalam Kawasan Suaka Margasatwa. (BKSDA Jakarta/222)

BERITA TERKAIT