Ayam Potong di Kediri Naik Menjadi Rp 34 Ribu

Rabu, 23 Mei 2018, 16:31 WIB

TPID di Pasar Setono Betek dan Pasar Pahing, Rabu (23/05) | Sumber Foto:KBRN

AGRONET – Pemantauan harga bahan pokok kembali digelar di Kediri. Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri bersama Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional untuk memantau ketersediaan komoditas bahan pokok dan bahan penting selama Bulan Ramadhan 1439 Hijriah.

"Dari hasil sidak yang dilakukan di beberapa pedagang di Pasar Setono Betek dan Pasar Pahing, terpantau harga ayam potong naik menjadi Rp 34.000 per kilogram. Sementara, sebelumnya di posisi Rp 30.000 per kilogram," kata Yetty Sisworini, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri, Rabu (23/5/2018).
Menurut Yetty kenaikan harga daging ayam ras ini dipicu karena meningkatnya harga pakan ayam akhir-akhir ini. Di sisi lain, justru harga telur ayam ras semakin turun.

"Komoditas telur yang sebelumnya di harga Rp 24.000 per kilogram, pada hari ini turun menjadi Rp22.000 hingga Rp 20.000 per kilogram," ujarnya.

Komoditas lain yang mengalami penurunan, tambah dia, adalah cabai rawit dari harga Rp 30.000 per kilogram, maka saat ini turun di harga Rp 26.000 per kilogram.

"Penurunan harga cabai rawit ini dikarenakan stok cabai yang melimpah dan kualitas cabai pun baik," katanya.
Walaupun harga cenderung stabil, TPID Kota Kediri akan terus melakukan sidak untuk menjaga kestabilan harga di pasar. Lebih tepatnya, hingga satu pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri.
"Sampai saat ini stok semua komoditas masih aman," katanya.

Di lokasi yang sama, Kapolresta Kediri, AKBP Anthon Haryadi mengatakan, di jajaran kepolisian ada unit khusus yakni Satgas Pangan yang juga bertugas mengawasi agar tidak terjadi penimbunan beras.
"Sejauh ini hal tersebut tidak terjadi di Kota Kediri," katanya.

TPID Kota Kediri yang terdiri dari Kepala Disperdagin Kota Kediri Yetty Sisworini, Kepala KPWBI Kediri Djoko Raharto, Kepala BPS Kota Kediri Ellyn T Brahmana, Plt. Kepala Barenlitbang Kota Kediri Edi Darmasto, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri Semeru Singgih, Kepala Bagian Perekonomian Bambang Priambodo serta perwakilan dari Bulog Sub Divre V Kediri. (KBRN/222)