Rehat Sejenak Di Buper Cidewata

Senin, 18 Juni 2018, 23:34 WIB

Bumi Perkemahan Cidewata, Majalengka, Jawa Barat | Sumber Foto:Rudi - BTNGC KSDAE KLHK

AGRONET – Melintas di daerah Majalengka? Kenapa meluangkan waktu ke Bumi Perkemahan (Buper) Cidewata.  Bumper Cidewata yang terletak di desa Payung, Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat ini menawarkan pesona alam yang sangat Indah.  Pengelola Bumper Cidewata menyebutkan, “Tak perlu khawatir jika berkunjung ke sini tanpa pesiapan, berbagai fasilitas telah kami sediakan.”

Pengunjung dapat berkemah di lingkungan bumper menikmati keindahan alam tanah pasundan. Untuk peralatan, pengelola menyewakan tenda, sleeping bag, dan hammock.  Fasilitas mushola, warung, toilet juga tersedia.  Jika dirasa kurang, fasilitas penunjang seperti ayunan, sepeda gunung, dan program outbond juga dapat dimanfaatkan.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menjumpai jalak kebo, babi hutan, elang jawa, kutilang, dan tekukur di Hutan Konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).  Hutan Konservasi identik dengan tumbuh-tumbuhan yang tinggi menjulang.  Di Bumper Cidewata, pengunjung akan dimanjakan dengan pohon-pohon pinus, pakis, suren, eukaliptus, harendong, dan puspa yang berjajar rapi.

Jika beruntung, pelangi yang indah pun dapat dilihat di Buper yang berada di ketinggian 1.078 mdpl.  Bagi penikmat matahari terbit, pengunjung dapat melihatnya di Bukit Liang Angin.  Sedangkan dari sebelah barat, matahari terbenam nampak di balik Gunung Tampomas, Sumedang.

Lokasi Bumper Cidewata yang indah, terapit dua hulu sungai, Sungai Cidewata dan Sungai Ciwaringin, membuat pengunjung betah berlama-lama bermain disana.  Suhu yang bersahabat juga menjadi daya tarik tersendiri.  Di siang hari, suhu lingkungan di bawah 25o C, sedangkan di malam hari mencapai 14o C.

Pemandangan alam yang menawan, kesejukkan yang ditawarkan Bumper Cidewata dapat mengurangi kejenuhan akan rutinitas sehari-hari.  Seperti yang diutarakan Didi Nurdiana Muin, “Sejuk, dingin, asyik buat cuci mata yang sudah banyak terkontaminasi dengan polusi udara di kota.”  Sambil berlibur bersama keluarga tidak ada salahnya rehat sejenek di Bumper Cidewata. (KSDAE KLHK/269)