Kisah Haji Bonen Panen Padi Organik

Kamis, 04 Oktober 2018, 15:35 WIB

Haji Bonen | Sumber Foto:Ratno Fadillah

AGRONET—Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kotamadya Depok, Jawa Barat, melakukan panen perdana padi organik di Desa Banjaran Pucung, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, pada hari Kamis, 4 Oktober 2018. Kegiatan panen perdana yang sedianya akan dihadiri oleh Ketua Umum HKTI, Moeldoko, ini batal. Secara simbolis panen perdana kemudian dilakukan oleh Nu’man Abdul Hakim selaku Ketua HKTI Jawa Barat.

Panen padi organik ini dilakukan di lahan sawah Haji Bonen, petani asli Cilangkap yang telah bertani puluhan tahun. Di lahan seluas dua hektare ini Haji Bonen cukup puas dengan panen yang ia hasilkan. Dengan menggunakan pupuk organik, M-Bio Porasi, yang disuplai oleh HKTI Kota Depok, Haji Bonen bisa menghemat waktu dua puluh sampai tiga puluh hari dibandingkan dengan menggunakan pupuk kimia.

Ia ingat sekali, pertama nandur bibit padi tangal 7 Juli 2018 dan 4 Oktober ini, ia sudah bisa memanennya. Sedangkan apabila menggunakan pupuk kimia, ia baru bisa memanennya setelah empat bulan nandur. Perihal efisiensi dan hemat ini juga berlaku untuk biaya produksi.

“Untuk biaya produksi juga lebih hemat. Kalau menggunakan pupuk organik bisa lebih hemat 30 persen daripada menggunakan pupuk kimia,” ujar Bonen.

Meskipun penanaman perdananya sudah berhasil dipanen. Namun, dari Kelompok Tani Banjaran Pucung Jaya, hanya Haji Bonen, yang berani mencoba dengan penggunaaan pupuk organik ini di Banjaran Pucung. Padahal ada total sepuluh hektare lahan sawah yang digarap 25 orang anggota Kelompok Tani Banjaran Pucung jaya.
“Kalau ini dikatakan berhasil, baru saya berani kasih saran ke petani lain di sini. Soalnya, kalau langsung saya saranin ke petani lain dan gagal, saya jadi nggak enak,” tutur Bonen.

Karena beberapa pekan setelah nandur, ia juga sempat khawatir gagal panen. Karena sawahnya sempat kekurangan air. Syukurnya, kendala itu bisa ia hadapi. Dengan pendampingan dari HKTI Kota Depok dan penyuluh pertanian kota Depok, kendala kekeringan itu bisa terlewati. Dan hari ini, ia tasyakuran atas panennya di rumahnya dengan dihadiri jajaran pengurus HKTI Depok, Jawa Barat, dan jajaran dinas pertanian, peternakan, dan perikanan kota Depok. (222)