Panen Raya Hapus Sedih di Parigi Moutong

Kamis, 01 November 2018, 17:41 WIB

Mentan saksikan panen raya di Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng. | Sumber Foto:Biro Humas dan Informasi Publik Kementan

AGRONET--Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, baru saja terkena bencana alam. Meskipun demikian, kabupaten ini mulai memasuki panen raya. Tercatat ada 32.000 hektare tanaman padi menguning di 23 kecamatan, Kabupaten Parigi Moutong.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, bersama Bupati Parigi Moutong, Syamsurizal Tombolotutu, hadir menyaksikan panen petani, di desa palipi, Kecamatan Kesimbar, hari ini, Kamis, 1/11/2018. Sekitar 429 hektare lahan padi petani menguning keemasan, menumbuhkan rasa semangat untuk kembali bekerja.

Menteri Amran, pada kesempatan dialog dengan masyarakat tani, memberikan bantuan benih padi, bibit tanaman kopi, kakao, serta dana program replanting kelapa sawit untuk 2 propinsi Sulteng dan Sulbar senilai Rp200 milyar dan berbagai alat mesin pertanian, seperti: traktor besar 4 roda, driyer padi, dan eskavator besar.

"Parigi Moutong ini harus bersyukur, di tengah cobaan masih tetap dapat menuai hasil kerja keras dan produksi cukup bagus. Hidup tidak bisa berhenti, harus kerja-kerja-kerja, kita dianugerahi yang kuasa tanah yang subur, air dan benih. Maka harus ada kehidupan, takdir adalah hak yang Maha Kuasa namun usaha dengan kerja-kerja-kerja menjadi kewajiban kita," tegas mentan.

Syamsurizal Tombolotutu, Bupati Parigi Moutong, menyampaikan salam hormat dan terima kasih kepada pemerintah pusat, khususnya Mentan, yang sudah hadir dalam panen raya tahun ini.(222)