Temu Pebisnis Mangga Gairahkan Agribisnis Nusantara

Senin, 06 November 2017, 22:46 WIB

Diperkenalkan 208 aksesi mangga lokal yang ada di Indonesia, 135 aksesi hasil silangan, serta 104 aksesi dalam tabulamplot. | Sumber Foto:Biro Humas dan Informasi Publik Kementan

AGRONET - Guna meningkatkan gairah agribisnis buah nusantara, diselenggarakan temu bisnis yang dihadiri semua pelaku agribisnis mangga. Mulai dari petani atau pengusaha mangga, calon petani, perusahaan packaging, serta pasar modern. Hadir dalam kesempatan tersebut pemda beberapa provinsi dan kabupaten serta beberapa perguruan tinggi.

Para peserta yang hadir sangat antusias untuk mengembangkan kedua varietas mangga yang baru saja diperkenalkan dan beberapa buah tropika lainnya. Dalam pertemuan tersebut, ada banyak masukan bagi para peneliti kepada para petani agar bisa mendapatkan mangga yang manis di pohon sesuai dengan preferensi konsumen. Pemda dan Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian berkomitmen mengembangkan wilayah berpotensi mangga.

Petani dan pengusaha antusias untuk menanam dalam skala luas. Perusahaan packaging dan pasar modern untuk retail masih kekurangan pasokan mangga dan sangat antusias. Serta, media membuka diri untuk mempromosikan. Yang diperlukan saat ini adalah kemauan bersinergi mengembangkan buah tropis nusantara. Turut diperkenalkan 208 aksesi mangga lokal yang ada di Indonesia, 135 aksesi hasil silangan, serta 104 aksesi dalam tabulamplot. Beberapa hal terkait budidaya mangga off season, teknik budidaya dengan high density planting, top working tanaman, serta serba serbi olah mangga telah diperkenalkan.

Pengunjung sangat antusias. Hampir 1.000 tamu hadir dari seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai motivasi seperti menambah pengetahuan, mencari peluang usaha, menambah materi pengajaran, bahkan hobby. (Biro Humas dan Informasi Publik Kementan/111)

 

BERITA TERKAIT

Agronesia Utama
Komunitas