Stok Beras Kabupaten Sanggau Aman 5 Bulan ke Depan

Kamis, 07 Desember 2017, 13:33 WIB

Kendati cuaca buruk, namun ketersediaan beras untuk menghadapi Natal dan tahun baru dipastikan aman. | Sumber Foto:KBRN

AGRONET - Kendati cuaca buruk melanda sejumlah wilayah yang menjadi sentra produksi padi di Kabupaten Sanggau namun, ketersediaan beras untuk menghadapi Natal dan tahun baru dipastikan aman. Pemerintah Kabupaten Sanggau memastikan stok beras cukup sampai lima bulan ke depan.

“Untuk Natal dan tahun baru, beras kita cukup. Kita bahkan akan mengadakan kegiatan tali kasih bersama Bulog berupa pembagian beras untuk sodara-sodara kita yang akan merayakan Natal,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau, John Hendri, Rabu (6/12).

John Hendri mengatakan, stok beras yang tersimpan di gudang Pemda Sanggau sekarang masih ada 100 ton. Jumlah ini belum termasuk yang tersimpan di gudang Dolog sebanyak 108 ton. Menurutnya, Kabupaten Sanggau tidak defisit beras karena 2017 surplus 58 ribu ton.

“Masyarakat jangan khawatir, beras kita cukup. Petani-petani kita juga masih banyak yang menyimpan beras, karena tahun ini kita surplus 58 ribu ton,” ujarnya. Disinggung tentang adanya beras dari luar Sanggau yang masuk ke kabupaten ini, John Hendri menyampaikan, hal itu tidak bisa diasumsikan bahwa Sanggau defisit beras. Keberadaan beras dari luar wilayah Kabupaten Sanggau ini, dijelaskannya, karena berlaku hukum pasar, bahwa konsumen sebagian masih ingin mengonsumsi beras dari luar daerah. (KBRN/111)