Kementan Gelar Rakor Pemantauan Pangan di Maluku

Jumat, 15 Desember 2017, 17:40 WIB

Stok dan harga pangan di Provinsi Maluku relatif aman dan terkendali dengan baik. | Sumber Foto:Biro Humas dan Informasi Publik Kementan

AGRONET – Untuk mengantisipasi terjadinya gejolak harga pangan pokok dan strategis, Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantauan dan Pengendalian Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan menjelang HBKN Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Provinsi Maluku.

Rakor dilaksanakan Kamis (14/12) di Kantor Gubernur Provinsi Maluku, dan dipimpin Wakil Gubernur. Peserta yang hadir adalah wakil dari Kementerian Pertanian (Kepala Bidang Ketersediaan Pangan BKP), Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Satgas Pangan Provinsi Maluku, Bulog, Polda, TNI, Bank Indonesia (BI), Balai POM, PT. Pelindo dan instansi terkait serta pelaku usaha pangan.

Dalam keterangannya, Zeth Sahuburua, Wakil Gubernur Provinsi Maluku mengatakan bahwa stok dan harga pangan di Provinsi Maluku relatif aman dan terkendali dengan baik. “Secara umum, kondisi pasokan komoditas pangan pokok dan strategis, seperti beras, jagung, minyak goreng, telur ayam, gula pasir, bawang merah, cabai merah, daging sapi dan daging ayam dalam kondisi aman dan cukup tersedia untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” kata Zeth.

Untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat belanja bahan pangan dengan harga terjangkau, akan di gelar pasar murah pada Sabtu (16/12) di Desa Hutumuri, Kecamatan Lei Timur Selatan, Kota Ambon. Dalam gelar pasar murah ini, Dinas Ketahanan Pangan akan membuka stand Toko Tani Indonesia yang akan menjual beras medium dengan harga Rp 8.000/kg. (Biro Humas dan Informasi Publik Kementan/111)