Melon Pembasmi Nyamuk

Kamis, 13 Juli 2017, 00:07 WIB

Dr. Budi Setiyadi Daryono,M. Agr. Sc

AGRONET - Melon yang selama ini menjadi hidangan penutup, ternyata mempunyai khasiat untuk membasmi nyamuk. Berawal dari keprihatinan sejumlah peneliti di Universitas Gadjah Mada (UGM), maka penelitian terhadap buah melon dilakukan oleh para peneliti yang tergabung di Laboratorium Genetik dan Pemuliaan Fakultas Biologi UGM.

”Penelitian ini berlangsung sejak 2011 dan menghasilkan kultivar melon baru ’Gama Melon Parfum,” ujar Dr. Budi Setiyadi Daryono,M. Agr. Sc, yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Biologi UGM. Kultivar melon baru ’Gama Melon Parfum’ (GMP) memiliki bobot hanya sekitar 200 gram sampai 300 gram. Ukuran GMP yang mungil ini membuatnya terasa pahit. Selain berukuran kecil, GMP memiliki bentuk yang unik. Bentuknya mirip batik dan mengeluarkan aroma yang harum.

Aroma harum yang dihasilkan GMP berasal dari kandungan volatile yang tinggi. Aroma inilah yang kemudian menjadi senjata untuk mengusir nyamuk. Sedangkan untuk membunuh jentik nyamuk, senyawa yang berperan adalah flavonoid dan terpenoid.

Lebih lanjut Dr. Budi menjelaskan, dari hasil uji efektivitas ekstrak buah GMP terhadap nyamuk demam berdarah diketahui persentase rata-rata daya proteksi terhadap nyamuk dari ekstrak kulit sebesar 95,61 persen. Sedangkan efektivitas yang dihasilkan oleh daging buah sebesar 99,35 persen. ”Hasil uji ini membuktikan GMP sangat potensial dikembangkan menjadi lotion anti nyamuk dan serbuk pengganti abate,” jelas Dr. Budi.

Uji coba yang telah dilakukan oleh para peneliti Fakultas Biologi UGM membuktikan bahwa GMP ampuh membasmi nyamuk demam berdarah. Selain ampuh, GMP juga ramah terhadap lingkungan. (269)

 

BERITA TERKAIT