Yuk, Cicipi Kopi Nusantara di Gedung PIA

Senin, 04 Pebruari 2019, 09:38 WIB

40 varian kopi lokal kini dapat dinikmati di Gedung PIA (Pusat Informasi Agribisnis), kantor pusat Kementerian Pertanian. | Sumber Foto:Dok Kementan

AGRONET -- Setidaknya ada 40 varian kopi lokal kini dapat dinikmati di Gedung PIA (Pusat Informasi Agribisnis), kantor pusat Kementerian Pertanian. Launching Cafe Rumah Kopi di Gedung PIA ini dihadiri Sekjen Kementan pada Sabtu (2/2). Ini merupakan langkah maju petani kopi yang selama ini aktif dan konsisten menjual kopi hasil produksi petani kopi nusantara.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) Syukur Iwantoro mengapresiasi kegiatan terobosan ini karena secara keseluruhan Cafe Rumah Kopi Nusantara menyajikan kopi dan coklat terbaik dari hasil kebun petani dari Sabang sampai Merauke.

"Tempat ini sangat cocok bagi para pencinta kopi untuk bersantai, berdiskusi sambil menikmati suasana gedung PIA ditemani gemericik air kolam," kata Syukur, Sabtu (2/2). 

Syukur mengatakan, keberadaan gedung PIA , gedung berbentuk segitiga kaca yang menyerupai Museum Louvre di Paris, dengan berbagai fasilitas yang ada diyakini mampu menunjang para penggiat bidang pertanian ikut mendukung perkembangan kopi dan cokelat secara nasional. 

"Saya ingin masyarakat bangga bahwa kopi paling enak itu kopi Indonesia. Kopi dari tanah kita sendiri," harap Syukur.

Sementara itu, salah satu pemilik Kopi Nusantara, Eric menjelaskan bahwa usaha cafe yang ia jalani ini tidak semata-mata berorientasi bisnis, melainkan juga untuk mengangkat nilai petani kopi melalui hasil produksinya.

"Tidak hanya menjual kopi, tapi kami juga berusaha mengedukasi para pengunjung tentang cara menikmati kopi yang benar dan cerita tentang kopinya sendiri," katanya. (234)