29 Tahun sudah Sido Muncul adakan Mudik Gratis

Selasa, 12 Juni 2018, 22:21 WIB

Mudik Gratis Sido Muncul | Sumber Foto:Facebook

AGRONET – Mudik menjadi tradisi bagi perantau untuk kembali ke kampung halaman di hari kemenangan.  Melihat kebutuhan tersebut, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk menginisiasi mudik gratis pada Tahun 1991.  Manajemen Sido Muncul menjelaskan, “Saat itu kami prihatin dengan para pekerja yang kesuliatan memperoleh transportasi untuk kembali ke kampung halaman, maka kami adakan kegiatan ini.”

Kegiatan mudik gratis diperuntukkan bagi pedagang jamu, meski bukan merk Sido Muncul yang mereka jual, tetap diperkenankan ikut dalam mudik gratis ini.  Tak terasa, 29 kali sudah Sido Muncul mengadakan mudik gratis.  Sebanyak 13 ribu pemudik menjadi peserta mudik gratis 2018.  Secara simbolis Irwan Hidayat melakukan Pelepasan Mudik Gratis Sido Muncul 2018 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. 

Total bus yang disiapkan untuk mengantar para peserta mudik gratis yakni 220 armada.  Tercatat 114 bus dilepas dengan tujuan Cirebon, Kuningan, Tegal, Banjarnegara, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Gunung Kidul.  Sementara sisanya, 106 bus diberangkatkan dari berbagai titik seperti Bogor, Bandung, Cibinong, Cikampek, Cilegon, Sukabumi, Serang, dan Tangerang.

Irwan menyebutkan, “Tahun ini bus yang disediakan semua ber-AC untuk memberikan rasa nyaman pada para pemudik.”  Dalam kesempatan yang sama, Sido Muncul merilis produk baru KukuBima Ener-G +Vit C (baca : Kuku Bima Energi Plus Vitamin C), mengandung gingseng, royal jelly, Vitamin B12, serta Vitamin C.  Produk ini sebagai suplemen penamabah stamina bagi pria dan wanita. 

Produk minuman energi lain yang diproduksi Sido Muncul diantaranya : Kuku Bima Ener-G! Herbal, Kuku Bima Ener-G!, dan Kuku Bima Ener-G! Siap Minum.  Bagi penikmat kopi, Sido Muncul juga menyediakan berbagai varian kopi yang dipadukan dengan rempah-rempah berkhasiat seperti : Kuku Bima Kopi Ener-G!, Kuku Bima Kopi Ginseng, Kopi Jahe Sido Muncul RG, Kopi Jahe Sido Muncul.

Produk-produk terbaik Sido Muncul dihasilkan dari proses pemilihan bahan dengan seksama, begitu juga dengan permen.  Permen Jahe Wangi, Permen Kunyit Asem, dan Permen Tolak Angin, diproduksi untuk memenuhi kebutuhan konsumen dikala senggang dan syarat akan khasiat bagi tubuh.

Dalam menembus pasar global, Sido Muncul mengeluarkan produk-produk premium yang diminati konsumen mancanegara seperti : Alang Tea, Ginger Milk, Ginger Tea, dan Turmeric Plus.  Sedangkan Beras Kencur, Este-Emje, Jahe Wangi Sidomuncul, Alangsari Plus, Kunyit Asam, serta Susu Jahe Sido Muncul, merupakan produk-produk yang sudah melekat di hati konsumen lokal.

Dengan memanfaatkan bahan dari alam, menjadikan jamu sido muncul aman untuk dikonsumsi.  Seperti slogan yang selalu terngiang di telinga “orang pintar, minum tolak angin”.  Tolak Angin menjadi herbal asli indonesia warisan leluhur yang didukung dengan teknologi tingkat tinggi, begitu juga dengan Tolak Linu, Anak Sehat, Jamu Komplit, dan Jamu-jamuan lainnya.

Bagi konsumen yang tidak menyukai bau-bauan atau rasa pahit yang timbul dari jamu, Sido Muncul juga memiliki suplemen yang dikemas dalam bentuk kaplet : Nature Blessing, dan Sidomuncul Herbal.  Dengan berbagai varian yang diproduksi Sido Muncul, Irwan menghibau agar masyarakat tidak bergantung pada obat kimia, jamu-jamuan asli Indonesia juga sangat berkhasiat tegasnya.

Salah satu cara Sido Muncul dalam memberikan informasi yang aktual tentang kemanfaatan jamu yakni dengan mengadakan Seminar Herbal bertempat di Malang, Jawa Timur.  Dengan menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, Ikatan Apeteker Indonesia, dan Ikatan Dokter Indonesia mengusung tema Herbal bertema “Memanfaatkan Obat Herbal Menuju Indonesia Sehat” (5/5).

Sebelumnya Sido Muncul telah mengadakan seminar serupa sebanyak 40 kali.  Namun, pada kesempatan tersebut diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama antara FK Universitas Brawijaya dengan Sido Muncul mengenai pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Komitmen dan kepedulian Sido Muncul pada lingkungan yang dituangkan dalam kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) menagantarkannya meraih Indonesia Green Awards 2018.  Sido Muncul meraih penghargaan dalam kategori Eksekutif Milenium oleh The La Tofi School of CSR, (25/4).

Sepekan sebelum Sido Muncul meraih penghargaan, Sido Muncul menggelar Operasi Bibir Sumbing Gratis (19/4) bagi 30 pasien yang kurang mampu.  Operasi dilaksankan di RS ST. Carolus Borromeus, Kupang, Nusa Tenggara Timur dengan melibatkan tim bedah plastik dari Yayasan Sinar Pelangi.

Irwan menyebutkan, “Operasi Bibir Sumbing Gratis ini baru pertama kali diadakan.”  Dengan adanya operasi ini, Irwan menyemangati pasien untuk kembali tersenyum dan kembali bersosialisasi dengan masyarakat dengan penuh rasa percaya diri. 

Selain Operasi Bibir Sumbing Gratis, Kegiatan CSR Sido Muncul lainnya terdiri dari Operasi Katarak Gratis, Pemeriksaan Mata dan Pemberian Kacamata Gratis untuk Anak-anak SD, Bantuan Bencana Alam, Bantuan Biaya Hidup (Living Cost Program), dan lainnya.  Akan tetapi, kegiatan Mudik Gratis-lah yang paling dikenal masyarakat luas.

Mudik gratis yang awalnya diperuntukkan bagi pedangan jamu beserta keluarga, kini sudah semakin luas peruntukkannya.  Pedangan asongan, juru parkir, dan asisten rumah tangga pun diperkenankan untuk turut berpartisipasi.  Jika diakumulasikan dari tahun 1991 hingga Tahun 2018  Sido Muncul telah memulangkan 347 ribu peserta mudik gratis. (Sekper Sido Muncul/269)