5 Buah Pilihan Sehat Saat Berpuasa

Kamis, 16 Mei 2019, 08:44 WIB

5 buah pilihan yang sangat bermanfaat untuk dikonsumsi selama puasa agar tubuh tetap sehat dan bugar. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET -- Saat berpuasa apa yang kita makan menentukan seberapa bugar dan sehat kita dalam menjalani puasa. Tubuh akan terasa bugar bila kita mengonsumsi buah yang kadar airnya tinggi. Hal ini dikarenakan kadar air dalam buah tersebut bisa berfungsi sebagai pengganti cairan yang hilang selama puasa.

Selain kurma, 5 buah berikut ini adalah pilihan yang sangat bermanfaat untuk dikonsumsi selama puasa agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Semangka

Semangka adalah pilihan buah yang baik untuk puasa, dimakan saat sahur maupun berbuka. Semangka merupakan buah tropis  yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mengandung 91% air yang bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan melembabkan kulit. Semangka menghidrasi tubuh dari dalam, sehingga kulit tetap cerah dan kenyal plus penampilan jadi cerah tidak terlihat kuyu walaupun sedang menjalani puasa.

Warna merah pada semangka merupakan tanda bahwa kandungan likopennya tinggi. Antioksidan  ini berfungsi melindungi sel-sel tubuh terhadap kerusakan akibat serangan radikal bebas dari sinar matahari dan polusi lingkungan.

Semangka juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sakit. Sehingga membantu menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa, jika semangka dimakan sebagai pencuci mulut saat sahur.

Semangka juga kaya akan citruline dan arginine. Keduanya baik untuk menjaga kesehatan jantung. Arginine khususnya membantu menjaga sirkulasi darah dalam tubuh tetap lancar dan membantu mengurangi plak lemak berlebih pemicu kolesterol hingga serangan jantung mendadak.

Jeruk

Jeruk adalah pilihan buah lain untuk puasa yang menyehatkan. Mudah didapat dan kaya akan vitamin C yang membantu mencegah rasa lemas dan lesu selama berpuasa. Kandungan vitamin C pada 100 gram buah jeruk mampu mencukupi 90 persen kebutuhan vitamin C harian.

Selain Vitamin C, jeruk mengandung  vitamin A, tembaga, dan folat yang memicu produksi sel darah putih yang berperan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi jeruk saat sahur atau berbuka, tubuh lebih kebal dari serangan berbagai macam penyakit seperti flu dan pilek.  

Jeruk mempunyai kadar air yang tinggi yang berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang saat puasa. Selain itu, jeruk juga mengandung flavonol naringenin yang bisa mengobati sembelit. 

Alpukat

Alpukat mengandung zat besi dan lemak nabati sehingga cocok dikonsumsi saat berpuasa karena mampu bertindak sebagai pengganti sumber energi yang hilang. Dengan mengonsumsi alpukat saat buka puasa, mampu menurunkan kolesterol dan juga menurunkan berat badan.

Selain itu lemak nabatinya pun bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Alpukat juga mengandung kadar magnesium tinggi yang fungsinya untuk mencegah penegangan otot.

Kandungan vitamin E dalam alpukat membantu melindungi kulit dari serangan radikal bebas. Menjaga kulit tetap kenyal dan lembap, yang sangat menguntungkan selama berpuasa.

Selain itu, alpukat mengandung zat besi, biotin dan vitamin yang baik untuk produksi kolagen guna menjaga kesehatan kuku dan rambut. Magnesium yang terkandung dalam alpukat dapat memberikan efek relaksasi, sehingga baik untuk meredakan ketegangan otot dan menyembuhkan kelelahan.

Pepaya

Pepaya merupakan buah-buahan lokal yang memiliki kandungan gizi yang banyak dan kadar air yang melimpah. Pepaya mengandung vitamin C dan serat alami yang berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh dan membantu mencerna makanan.  

Buah ini memberikan sensasi segar dan nyaman pada saluran cerna. Sehingga tubuh juga terasa lebih baik selama berpuasa karena membuat pencernaan lebih sehat. Tak hanya itu, kandungan airnya pun bermanfaat sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Pepaya juga mengandung vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta penangkal radikal bebas.

Pisang

Pisang juga bisa menjadi pilihan buah yang baik dikonsumsi saat puasa. Makan buah pisang saat sahur dapat memberikan tenaga untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari. Selain itu, kandungan Elektrolit dan Kalium pada pisang dapat melindungi sistem pencernaan dan melapisi dinding usus, sehingga meminimalisir terjadinya peradangan dan maag.

Pisang mengandung vitamin A, B1, B2, dan C yang dapat meredakan asam lambung. Buah berwarna kuning ini pun mampu membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

Mengonsumsi pisang juga bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Sehingga jika dikonsumsi saat sahur bisa memberikan energi yang cukup untuk berpuasa seharian. Pisang juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dengan mengobati diare.(234)