Daun Jarak, Mengatasi Demam dan Kembung pada Bayi

Senin, 17 Juni 2019, 11:02 WIB

Daun jarak sudah sangat lazim digunakan sebagai tanaman herbal. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET --  Tanaman jarak merupakan jenis pohon yang berbuah tiap tahun dengan batang beronngga dan berbuku-buku. Daun jarak tidak berukuran besar, relatif sedang warna hijau kekuningan namun ada jenisnya yang berwarna merah. Tanaman jarak, juga disebut jarak pagar karena suka ditanam di pekarangan yang tingginya menyerupai tinggi pagar rumah.

Daun jarak sudah sangat lazim digunakan sebagai tanaman herbal. Maka dari itu, tanaman yang dikenal sebagai bagian dari tanaman apotik hidup itu banyak dicari karena dipercaya mempunyai banyak khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman  jarak memiliki manfaat menyeluruh dari daun, buah sampai bijinya.

Tanaman jarak memiliki kandungan senyawa penting seperti quercetin, kaempferol, astragalin, nicotiflorin dan lain sebagainya yang menyimpan fungsi baik bagi pengobatan penyakit terutama pada bayi. Beberapa khasiat daun jarak nterutama untuk  kesehatan bayi antara lain  :

    BERITA TERKAIT

  1. Meredakan demam 

Daun jarak juga dapat digunakan untuk mengobati buah hati yang sedang demam. Demam yang biasanya menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan lain dapat diatasi menggunakan daun jarak. Cara menggunakannya adalah dengan membasahi daun jarak yang bersih, lalu ditempelkan pada dahi dan area ubun-ubun bayi sampai demam mereda.

  1. Mengatasi perut kembung

Khasiat daun jarak yang satu ini sudah dikenal sejak dulu yaitu untuk mengobati perut yang kembung. Untuk mendapatkan khasiat ini, daun jarak dapat dipanggang terlebih dahulu sampai layu. Setelah layu berikan sedikit minyak kelapa pada daun jarak, kemudian tempelkan daun jarak tersebut di atas perut si kecil untuk mengatasi perut kembung. Atau diletakkan di gurita bayi, agar tidak mudah lepas.

  1. Mengatasi luka atau iritasi

Kulit bayi yang cenderung sensitif biasanya akan mudah mengalami iritasi dan lecet, baik akibat gesekan dengan kain baju yang digunakan, lingkungan maupun lainnya. Daun jarak bisa mengatasi luka atau iritasi yang dialami baiyi, caranya adalah dengan menumbuk daun jarak sampai lembut, lalu oleskan pada kulit yang bermasalah maka akan sembuh setelah beberapa waktu.

  1. Mengobati masuk angin

Di samping mengobati demam, daun jarak juga dapat mengobati masuk angin yang dialami oleh bayi. Ketika bayi masuk angin pasti akan membuat orang tua khawatir, karena pasti akan rewel tiada hentinya. Untuk mengatasi masuk angin, daun jarak bisa dibersihkan lalu dipanggang di atas api sampai layu. Setelah itu lumuri daun jarak dengan sedikit minyak kayu putih, ditempelkan pada daerah punggung, perut dan dada bayi.

  1. Mengatasi diare

Diare juga menjadi salah satu jenis gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh bayi. Daun jarak bisa menyembuhkan diare yang dialami buah hati. Cara menggunakannya juga mudah, yaitu dengan cara mengolesi daun jarak dengan minyak kelapa. Setelah itu panggang di atas api sampai daun jarak tampak layu, lalu daun jarak ditempelkan di atas perut sampai diare yang dialami mereda.

  1. Mengatasi keputihan pada lidah

Lidah bayi biasanya akan tampak putih karena sisa sisa ASI yang menempel. Untuk mengatasinya, daun jarak bisa digunakan dengan cara meneteskan getahnya di lidah bayi. Biasanya keputihan yang menempel pada lidah akan dikeluarkan bersama-sama dengan air liur yang dikeluarkan bayi.

Beberapa manfaat daun jarak untuk bayi  tersebut di atas juga bisa juga diaplikasikan untuk orang dewasa untuk mengatasi gangguan kesehatan yang sama, ataupun mengatasi gangguan lain seperti  gangguan BAB,  penyakit kulit seperti  kurap dan eksim serta mengobati rematik.(234)

BERITA TERKAIT