Bercocok Taman Dalam Aquarium

Senin, 06 November 2017, 22:33 WIB

Aquascape Kreasi Muhaiminan | Sumber Foto:dok. Muhaiminan

AGRONET – Hobby bercocok tanam? Pernakah bercocok tanam dalam akuarium? Seni bercocok tanam dalam akuarium biasa disebut Aquascape.  Aquascape menghadirkan nuansa alam dalam akuarium cocok untuk ruang tamu, ruang keluarga, ruang kerja, lobby, dan berbagai ruangan lainnya. Keindahan aquascape akan terjaga bila dirawat dengan baik.  Berikut langkah-langkahnya :

  1. Pemberian Pakan Ikan

Aquascape dan Akuarium sama-sama menggunakan media kaca, acrylic, tanaman dan ikan.  Keindahan aquascape lebih menonjolkan tanaman, kayu, coral daripada jenis ikan hias.  Ikan hias hanyanya penyempurna aquascape.  Jadi pemberian pakan secukupnya dengan durasi pemberian 1 sampai 2 kali perhari. 

  1. Air

Penggantian 1/3 air dapat dilakukan tiap 2 minggu sekali.  Hal yang perlu dicemati dalam pergantian air antara lain suhu dan keasamaan (pH) air.  Upayakan suhu berkisar antara 26 sampai 28 derajat celcius dengan pH 7 (netral), agar tanaman dan ikan dapat hidup dengan optimal. 

  1. Perawatan Tanaman

Tanaman dapat dipupuk mengunakan tetes / molasses setiap hari.  Jika tanaman sudah lebat, gunting sesuai bentuk yang diharapkan.  Proses pengguntingan dilakukan di luar Akuarium.  Sisa potongan tanaman diberisihkan perlahan dengan mengunakan skopnet atau serokan. 

  1. Penerangan

Layaknya tanaman pada umumnya, tanamana dalam aquascape juga membutuhkan cahaya.  Cahaya atau penerangan berfungsi sebagai pengganti matahari untuk proses fotosintesis.  Jika malam tiba sebaik pencahayaan dimatikan.  Suasana diciptakan selayaknya siklus siang dan malam.

  1. Kabondioksida (CO2)

Tanaman memerlukan CO2 sebagai fotosintesis.  Cara sederhana untuk memenuhi kebutuhan CO2 dengan pengangian 1/3 bagian air aquascape 2 sampai 3 kali dalam sepekan. Dapat juga menggunakan tabung CO2, namun perlu merogoh kocek lebih dalam.  Selain tanaman, dalam aquascape juga teladapat ikan yang sering mudah mati jika terlalu banyak menghirup CO2.

  1. Mencuci pasir

Pencucian pasir biasa dilakukan 6 sampai 8 bulan sekali sesuai kondisi.  Sebelum mencuci pasir pompa air perlu dimatikan.  Kemudian pasir yang sudah kotor dapat dikeluarkan dengan menyesapnya menggunakan selang dan ditampung dalam ember.  Sisakan air setengah dari kapasitas akuarium agar ikan tetap berada di dalam.  Bilas pasir hingga bersih.  Setelah bersih, kembali masukkan pasir perlahan ke dalam aquascape.  Untuk mempermudah dapat menggunakan gayung atau wadah lain.  Jika pasir sudah merata, isi kembali air secara pelan.  Perhati-hati agar pasir tidak teraduk.  Setelah air pada level yang cukup, kemudian nyalakan pomba air kembali.

Mudah bukan merawat tanaman dalam air.  Jika penasaran dapat datang langsung ke Dramaga Aquarium.  Paket aquascape, berbagai ikan hias, tanaman hias, acesories akuarium tersedia di sana.  Bagi anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, lokasi toko berada di Bursa Ikan Hias Laladon, Bogor, Jawa Barat. (Muhaiminan/269)