Jalan-jalan ke Wisata Medan Istana Jambu

Rabu, 20 Pebruari 2019, 02:19 WIB

Medan Istana Jambu, agrowisata di daerah kota Medan yang belum lama dibuka untuk masyarakat | Sumber Foto:Medan Istana Jambu

AGRONET – Agrowisata ini masih terbilang baru. Baru diresmikan November 2018 lalu. Meskipun begitu, agrowisata yang diberi nama Medan Istana Jambu ini selalu ramai didatangi pengunjung.

Agrowisata ini berawal dari kebun pribadi. Kemudian agar lebih dikenal masyarakat, maka pengelola mengubah tempat ini sebagai agrowisata. Tidak heran, walaupun Medan Istana Jambu baru dibuka, namun usia tanaman di sana telah mencapai rata-rata 6 tahun.

Seperti halnya agrowisata lain, Medan Istana Jambu cocok untuk tempat wisata sekalgus sebagai sarana belajar, khususnya anak-anak. Walaupun bernama Medan Istana jambu, namun di dalam agrowisata seluas sekitar 2,5 hektar ini dapat dijumpai sekitar 12 jenis tanaman buah-buahan. Ada tanaman jambu air taiwan red, jambu air tong sam sie, jambu biji mutiara, jambu kristal non biji, durian musang king, trambutan papua (matoa), pisang kepok, pisang barangan, srikaya, dan apel India.

Selain itu, ada pula sekitar 6 jenis tanaman sayuran, antara lain; sawi, kangkung, jagung, timun, kacang panjang, dan timun. Agrowisata Medan Istana Jambu juga memelihara beberapa hewan seperti burung ayam-ayaman, burung perkutut, kelinci, ayam kate, ikan nila, dan ikan mas.

Tidak hanya itu. Medan Istana Jambu tahu betul kesenangan anak-anak. Di sana juga tersedia kolam renang dan wahana bermain anak. Ada pula kantin untuk melepas dahaga dan lapar, serta pemandangan yang layak untuk ber-spot foto. Tidak ketinggalan mushala untuk pengunjung untuk menunaikan ibadah shalat dan beberapa beranda yang ada di tengah kebun untuk beristirahat jika telah lelah bermain atau berjalan di agrowisata ini.

Semua fasilitas dan wahana tersebut gratis. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp30.000 untuk dewasa dan Rp 20.000 untuk anak-anak. Dengan tiket ini setiap pengunjung akan mendapat sebotol air mineral dan dua buah voucher, masing-masing senilai Rp10.000. Pengunjung dapat menukar voucher ini dengan makanan ringan atau sepaket buah jambu. satu paket buah jambu dan edukasi di lapangan. Jika pengunjung ingin belajar menanam dan memanen, tinggal menambah sedikit biaya .

Khusus untuk pelajar –SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi- tersedia paket khusus. Harganya Rp 30.000. Harga tiket ini sudah termasuk tiket masuk Medan Istana Jambu, ruang santai, sound system, dua buah voucher, masing-masing senilai Rp10.000, dan pemandu wisata untuk belajar dan bermain.

Jika telah selesai belajar dan bermain di Medan Istana Jambu, pengunjung dapat membeli buah yang ada di sana untuk oleh-oleh. Jadi jangan lupa, jika berkunjung ke kota Medan, sempatkan mampir mampir ke Medan Istana Jambu. Letaknya hanya sekitar 17 km dari pusat kota Medan atau dapat ditempuh sekitar 30 menit saja. (555)