Pangkep Canangkan Sebagai Sentra Lobster

Senin, 19 Maret 2018, 20:31 WIB

Jenis lobster yang ditunjukkan di sentra lobster.

AGRONET - Sebanyak 150 keramba lobster saat ini sudah dibudidayakan di Pulau Balang Lompo, Kecamatan Liukang Tupabiring, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Untuk itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkep melalui Dinas Perikanan akan mengembangkan pulau tersebut menjadi sentra budi daya lobster.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pangkep, Andi Farida mengatakan, untuk mendukung upaya ini sekarang sudah ada 150 keramba di pulau itu dan masih tetap akan dikembangkan, karena potensi ini sangat menjanjikan. “Nelayan membuat keramba tiga kali empat yang diisi sekitar 100 ekor lobster dan pertumbuhannya 95 persen, dengan modal sekitar Rp12 juta tapi untungnya ada yang Rp40 juta lebih,” ungkapnya, Minggu (18/3).

Sementara Kepala Bidang Pengelolaan Pembudidayaan Ikan, Dinas Perikanan Pangkep, Muh Arsyad Jamal, mengatakan, budi daya lobster di Pangkep sangat menjanjikan karena nilai jualnya yang cukup tinggi. Pihaknya terus berupaya memaksimalkan bantuan sarana dan prasarana termasuk bantuan keramba untuk budidaya lobster.

“Kita akan terus berupaya memberikan bantuan kepada pembudidaya agar produksinya semakin meningkat dan pembudidayanya juga semakin bertambah,” ungkapnya. (KBRN/111)