Menyiasati Pahitnya Pare

Selasa, 30 Juli 2019, 19:42 WIB

Karena kandungan vitamin dan mineralnya yang kaya manfaat, sayang jika kita tidak menyukai pare hanya karena rasanya. | Sumber Foto:Istimewa

AGRONET --  Pare terkenal sebagai sayur yang pahit, sehingga banyak tidak disukai meski diyakini merupakan sayuran berkhasiat tinggi terutama untuk melancarkan pencernaan.

Karena kandungan vitamin dan mineralnya yang kaya manfaat, sayang jika kita tidak menyukai pare hanya karena rasanya. Rasa pahit pare bisa disamarkan dengan pengolahan yang tepat. Ada beberapa langkah dalam memasak pare yang dapat mengurangi rasa pahit dan getirnya, antara lain : 

  1. Pemilihan pare

Dengan memilih pare yang tepat, pare bisa tidak terlalu terasa pahitnya. Pilihlah pare yang berukuran sedang.  Semakin besar ukuran pare, biasanya semakin pahit pula rasanya. Jadi pilih pare yang berukuran kecil atau sedang. Dan berikutnya, pilih pare yang berwarna hijau tua.  Pare yang warnanya cenderung muda biasanya sudah hampir matang atau tua. Pare yang matang biasanya memiliki rasa yang lebih getir.

  1. Remas dengan garam

Belah pare menjadi dua bagian, kemudian buang bijinya berikut selaput putih yang menempel pada daging buahnya. Iris-iris tipis daging buah pare, kemudian taburi garam. Remas-remas irisan pare sampai layu. Setelah itu bilas pare dengan air mengalir, tiriskan, dan masak sesuai selera. 

  1. Remas dengan gula pasir

Selain diremas menggunakan garam, gula pasir juga bisa dimanfaatkan untuk menetralkan rasa pahit pada pare. Caranya sama saja dengan metode sebelumnya. Remas-remas pare yang sudah dibuang biji dan selaputnya, iris tipis, kemudian remas dengan gula pasir. Teruskan sampai pare layu, kemudian bilas pare dengan air mengalir sampai sisa gula hilang. Tiriskan, kemudian masak pare sesuai selera.

  1. Rebus dengan daun jambu biji

Daun jambu biji juga bisa digunakan untuk menyamarkan rasa pahit pada pare. Sepatnya daun jambu justru akan menetralisir getir pare. Caranya cukup mudah. Tinggal rebus pare yang sudah dibuang biji dan selaput putihnya dengan beberapa lembar daun jambu biji selama 5 menit. Setelah waktu perebusan selesai, tiriskan pare dari air rebusan, kemudian bilas dengan air mengalir, dan tiriskan lagi. Pare siap dimasak sesuai selera

  1. Rebus dengan tanah liat

Perebusan dengan tanah liat biasanya lebih digunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Tetapi trik yang sama ternyata juga bisa diterapkan untuk sayur pare. Kita bisa mendapatkan tanah liat untuk memasak di pasar tradisional. Ambil sedikit saja, kemudian rebus bersama pare yang sudah dibuang biji dan selaput putihnya.

Setelah 3 menit, tiriskan pare dari air rebusan. Cuci dengan air mengalir, kemudian tiriskan kembali. Pare pun siap diolah.

  1. Kombinasikan dengan bahan makanan yang asin

Pare yang sudah melalui proses perebusan atau diremas-remas sampai layu akan lebih enak lagi jika dimasak dengan bahan makanan yang rasa asinnya kuat. Misalnya saja ikan asin atau masakan dengan bumbu kecap asin.

  1. Olah dengan telur kocok

Tumis pare yang dipadukan dengan telur orak-arik biasanya memiliki rasa yang tidak terlalu pahit. Telur memang bisa membantu menetralkan rasa yang terlalu tajam. Cocok dipadukan dengan pare yang getir..

    9. Rebus dengan cuka, garam, dan gula

Perebusan dengan tanah liat biasanya lebih digunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Tetapi trik yang sama ternyata juga bisa diterapkan untuk sayur pare. Kita bisa mendapatkan tanah liat untuk memasak di pasar tradisional. Ambil sedikit saja, kemudian rebus bersama pare yang sudah dibuang biji dan selaput putihnya.

Dengan menerapkan salah satu cara di atas sebelum mengolah pare, pare akan berkurang rasa pahit dan getirnya. Maka tidak beralasan untuk tidak memilih pare sebagai menu masakan yang diinginkan (234).