Tabulampot Belimbing

Kamis, 22 Agustus 2019, 09:56 WIB

Belimbing banyak diminati sebagai buah segar maupun jus buah karena struktur daging yang lembut agak kenyal serta mengandung banyak air. Belimbing bisa dibudidayakan baik di kebun maupun di pot. | Sumber Foto:Dok Istimewa

AGRONET -- Belimbing ialah satu buah unik yang banyak kita temui di Indonesia. Merupakan jenis buah tropis yang bentuknya menyerupai bintang jika dipotong. Banyak diminati sebagai buah segar maupun jus buah karena struktur daging yang lembut agak kenyal serta mengandung banyak air. Pohon belimbing sering dibudidayakan di kebun dan di halaman.

Tanaman ini selain sebagai perindang halaman juga bisa memberi tambahan asupan vitamin bagi keluarga karena belimbing mengandung banyak vitamin C, vitamin A dan B yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Buah belimbing manis dan sangat berair yang membuat buah ini enak dimakan begitu saja. Ada banyak jenis belimbing yang salah satunya ialah belimbing wuluh.

Menanam belimbing dalam pot (Tabulampot Belimbing)  tidak begitu susah untuk dilakukan karena secara umum teknik budidaya belimbing dalam pot hampir sama dengan budidaya tabulampot yang lainnya. Yang terpenting kita tahu cara menanam yang benar serta perawatan yang harus dilakukan. Ada banyak keuntungan menanam tanaman dalam pot diantaranya ialah hemat tempat.

Jika kita tidak punya halaman, bertanam dalam pot bisa merindangkan teras dan sekaligus mempercantiknya. Selain itu menanam buah dalam pot juga simple, ringkas dan bisa dipindahkan kemana saja, termasuk ke dalam rumah untuk mempercantik ruang tamu. Selain itu tanaman buah dalam pot juga terkesan artistik dan unik serta produktif. Kita bisa memetik buah belimbing saat duduk di ruang tamu dan menikmatinya bersama  keluarga.

Untuk memulai penanaman buah belimbing dalam pot, maka yang diperlukan adalah media tanam. Persiapkan media tanam yang cukup seperti sebuah pot yang besar. Masukkan media tanam yang berupa campuran tanah dan pupuk kompos yang sudah jadi dengan perbandingan 1:1. Tanah yang dipakai harus dijemur dulu selama 3-5 hari agar mendapat sinar matahari dan bakteri serta hama mati.

Tanah yang dipakai bisa diambil dari pekarangan namun pastikan tanah tersebut bebas dari rumput dan sampah serta jangan mengambil tanah yang tercampur pasir. Persiapkan pot yang akan dipergunakan untuk menanam, pot yang dipergunakan sebaiknya terbuat dari tanah liat, ember, kaleng bekas, dan berbagai macam wadah yang bisa menampung tanah dan bagian bawahnya berlubang untuk pembuangan air. Pilih pot atau wadah yang sesuai dengan luas teras sehingga akan tampak pas dan indah saat kalian menempatkannya di teras.

Cara budidaya belimbing dalam pot tidak susah, jika media tanam sudah siap maka bibit yang sudah disiapkan diatam dengan hati-hati dan dipendam sampai sebatas leher akar. Sebelum ditanam kurangi daun agar penguapan yang terjadi bisa dikurangi. Cara tanam seperti ini akan meningkatkan kesempatan hidup tanaman.

Setelah penanaman maka pemeliharaan harus dilakukan, cara budidaya buah yang baik maka pemupukan juga dilakukan untuk mempercepat tumbuh tanaman. Dalam waktu yang tidak begitu lama dan dengan cara menanam yang tepat maka buah belimbing dalam pot kalian akan segera berbuah dan kalian bisa menikmati buahnya yang segar dan manis.(234)