Sulawesi Siap Kembangkan Sapi Limosin dan Belgian Blue

Rabu, 01 November 2017, 22:38 WIB

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, saat melakukan kunker pencanangan satu juta ekor sapi di kawasan utara-utara Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. | Sumber Foto:Biro Humas dan Informasi Publik Kementan

AGRONET - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, optimis swasembada sapi dapat segera terwujud. Hal ini diutarakan Amran saat melakukan kunjungan kerja pencanangan satu juta ekor sapi di kawasan utara-utara Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo (30/10). ”Ini saja menyelesaikan persoalan Indonesia puluhan tahun. Satu juta ekor, itu satu juta yang kita impor selama ini, artinya 4 kabupaten dapat menyelesaikan persoalan bangsa.”

Empat kabupaten yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Utara-utara (BKSU) mencanangkan pengembangan sapi tersebut. Kementan saat ini telah mengembangkan produksi sapi jenis Belgian Blue (BB) melalui inseminasi buatan.

Sapi jenis ini bobotnya mampu mencapai 1,5 ton dalam waktu 2 tahun. Dengan kata lain, 1 ekor sapi jenis BB setara dengan 10 ekor sapi lokal, karena karkas sapi BB mencapai 73%, lebih tinggi dari sapi lokal. Kementan menargetkan mampu melahirkan sapi jenis Belgian Blue sedikitnya 500 ekor di 2019.

BKSU telah menyiapkan lahan cukup luas untuk program pencanangan satu juta ekor sapi ini. Kabupaten Buol menyediakan lahan seluas 3.000 hektar. Bupati Kabupaten Bone Bolango, yang merangkap sebagai Ketua BKSU, telah menyiapkan 6.000 ekor sapi untuk dikembangkan. ”Ini ide luar biasa, sapinya dilarang berhubungan dengan sapi lokal, kita IB (inseminasi buatan) semua,” tutur Amran.

Sarana dan prasarana penunjang segera dibangun di wilayah tersebut. Melihat UPT saat ini telah aktif memproduksi sapi unggul, BPTU-HPT Padang Mangatas yang berada di Sumatera Barat, Amran ingin BKSU memiliki UPT seperti ini.

BPTU-HPT Padang Mangatas sebelumnya sempat mendapat Apresiasi dari Menpan RB ketika berkunjung kesana. BPTU-HPT Padang Mangatas selama ini telah menyediakan bibit sapi potong unggul yang bersertifikat, selain itu juga menerapkan inovasi teknologi sapi potong.(Biro Humas dan Informasi Publik Kementan/111)

Caption:
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, saat melakukan kunker pencanangan satu juta ekor sapi di kawasan utara-utara Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.