India diperkirakan tak ekspor gula musim 2023/2024.

Haque: India Diperkirakan tak Ekspor Gula Musim 2023/2024

Sabtu, 23 September 2023, 08:59 WIB

Panen tebu di India | Sumber Foto:Pxfuel

AGRONET -- Kepala riset ED&F Man Commodities, Kona Haque mengatakan India kemungkinan tidak akan mengekspor gula pada musim 2023/2024. Ia memprediksi, hasil panen India bahkan akan lebih sedikit pada musim 2024-25. ED&F Man Commodities adalah perusahaan perdagangan kopi, molases, dan gula. 

Hampir sebulan yang lalu sumber-sumber pemerintah mengatakan, India diperkirakan akan melarang pabrik-pabrik mengekspor gula pada musim berikutnya yang dimulai Oktober. India diyakini akan menghentikan pengiriman untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun terakhir karena kurangnya hasil panen tebu akibat hujan.

Absennya India dari pasar dunia kemungkinan akan mendongkrak harga patokan di New York dan London yang diperdagangkan di sekitar level tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Sehingga memicu kekhawatiran akan inflasi lebih lanjut di pasar pangan global. India bahkan diperkirakan mengurangi penanaman untuk musim 2024/25. 

"Produksi gula India pada musim depan akan lebih kecil dari tahun lalu. Dan India kemungkinan tidak akan mengekspor tahun depan," kata Haque di sela-sela sebuah konferensi di New Delhi, yang dikutip Reuters, Kamis (22/9/2023).

Pada musim ini India mengizinkan pabrik-pabrik untuk mengekspor hanya 6,1 juta ton gula yang akan berakhir pada 30 September. Angka itu hampir separuh dari rekor 11,1 juta ton pada musim lalu.

Negara ini kemungkinan akan menerima curah hujan di atas rata-rata pada September, setelah Agustus yang terkering dalam lebih dari satu abad. Meskipun hujan di September akan membantu tanaman tebu, hasil panen akan lebih rendah karena curah hujan yang lebih rendah di Agustus.

Bulan lalu seorang pejabat industri gula India yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan hujan yang tidak merata akan memangkas produksi gula pada musim 2023/2024. Mereka bahkan mengurangi penanaman untuk musim 2024/2025. 

Menteri Pangan India Sanjeev Chopra mengatakan produksi gula akan cukup untuk memenuhi permintaan domestik karena hujan yang baik pada September akan meningkatkan produksi. Menurut Chopra, pemerintah akan meminta pabrik-pabrik gula untuk menjual stok gula ekstra di pasar lokal untuk mendinginkan harga.

Harga-harga gula global naik karena kekhawatiran cuaca yang lebih kering dari biasanya karena pola cuaca El Nino kemungkinan akan mengurangi produksi di produsen-produsen utama India dan Thailand. (tar)