Kembangkan Emas Hijau

Selasa, 31 Januari 2023, 20:42 WIB

Vanili | Sumber Foto:BPTP Bali

AGRONET -- Distan dan Pangan Badung Gandeng BPTP Bali Kembangkan Emas Hijau Kabupaten Badung merupakan salah satu penghasil Panili terbesar di Bali. Berdasarkan data BPS 2020 sebesar 47,8 % produksi panili di Bali berasal dari Kabupaten Badung. Komoditas ini pun dikenal sebagai emas hijaunya Badung.

Permasalahan utama petani panili di Kabupaten Badung berdasarkan hasil Participatory Rural Apraisal (PRA) tahun 2022 kerjasama Distan dan Pangan Kabupaten Badung dan BPTP Bali antara lain, 1) Penggunaan teknologi budidaya yang belum standard dan sangat bervariasi di tingkat petani. 2) Asal muasal benih panili yang belum jelas, tidak bersertifikat dan tidak diketahui varietasnya. 3) Ukuran panjang benih yang digunakan petani bervariasi ada yang 0,5 sampai 2 meter. 4) Adanya serangan penyakit layu pusarium. Hal tersebut disampaikan kepala BPTP Bali Dr. I Made Rai Yasa dalam acara koordinasi rencana pengembangan panili di Kabupaten Badung, bertempat di Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung Dr. Ir Ni Luh Wayan Suparmi, MMA., bahwa luas tanam panili di Kabupaten Badung tahun 2022 mencapai 25 Hektar. Akan tetapi dengan adanya permasalah seperti yang disampaikan BPTP Bali, dikhawatirkan luas tanam panili di Kabupaten Badung ke depan akan menurun. “Menindaklanjuti hasil PRA tahun 2022 kami berencana tahun 2023 membuat demplot budidaya panili yang sesuai dengan standar budidaya yang benar. Pada pelaksanaannya demplot akan terus didampingi oleh BPTP Bali” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana, S.Sos, M.Si menyampaikan dukungannya untuk pembuatan demplot panili di Kabupaten Badung. “Harapan kami komoditas panili ke depan menjadi kebanggaan Kabupaten Badung. Selain memproduksi kami juga mengharapkan lokasi demplot nantinya mampu menjadi sumber benih panili untuk Kabupaten Badung bahkan jika mampu untuk petani panili di luar Kabupaten” ucapnya dengan antusias.

 

Sumber :

BPTP Bali

BERITA TERKAIT