Tien Ngan mendapat permintaan dari Jepang, Inggris, Korea Selatan, dan Uni Eropa.

Vietnam Ekspor 20 ton Tebu Segar ke AS

Selasa, 21 Maret 2023, 14:30 WIB

Vietnam ternyata mampu mengekspor tebu ke Amerika Serikat (AS) | Sumber Foto:Ilustrasi

AGRONET – Vietnam ternyata mampu mengekspor tebu ke Amerika Serikat (AS). Gelombang pertama ekspor sebanyak 20 ton tebu berasal dari provinsi pegunungan Hoa Binh di Vietnam ke AS. Ekspor ini diumumkan Provinsi Hoa Binh pada Minggu (19/3/2023).

Dikutip dari Vietnamplus.com, Senin (20/3/2023), Wakil Dewan Komite Rakyat Hoa Binh, Dinh Con Su mengatakan provinsinya akan mendorong ekspor tebu. Ini akan berkontribusi pada pembangunan industri gula dalam negeri.

Pengiriman pertama ini hasil dari negosiasi antara perusahaan Tien Ngan dan mitranya di AS selama empat bulan. Direktur Tien Ngan, Nguyen Le Diep, mengatakan bahwa perusahaannya berharap dapat mengirimkan sekitar 300 sampai 500 ton tebu segar pada tahun ini. 

Direktur Departemen Pertanian dan Pembangunan Desa Provinsi Hoa Binh, Nguyen Huy Nhuan mengatakan tebu dapat membawa nilai ekonomi tinggi dan memiliki potensi besar untuk diekspor. Ia mengatakan departemennya akan menciptakan kondisi terbaik bagi pengusaha lokal mencari pasar ke depannya.

Ekspor tebu segar pertama Provinsi Hoa Binh adalah ke Jepang pada 2020 dengan volume 5,7 ton. Kemudian ekspor ini naik menjadi 300 ton. Terdapat pesanan dari pasar lain seperti Korea Selatan, Inggris, dan Uni Eropa. *